Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Drama dengan Pendekatan Kontekstual Komponen Konstruktivisme, inkuiri, dan pemodelan pada Siswa Kelas 1X B MTs AL-MASYHUD Weleri Kabupaten Kendal Tahun Pelajaran 2010/2011


Atik Sugiarti , 2101404065 (2011) Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Drama dengan Pendekatan Kontekstual Komponen Konstruktivisme, inkuiri, dan pemodelan pada Siswa Kelas 1X B MTs AL-MASYHUD Weleri Kabupaten Kendal Tahun Pelajaran 2010/2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Drama dengan Pendekatan Kontekstual Komponen Konstruktivisme, inkuiri, dan pemodelan pada Siswa Kelas 1X B MTs AL-MASYHUD Weleri Kabupaten Kendal Tahun Pelajaran 2010/2011]
Preview
PDF (Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Drama dengan Pendekatan Kontekstual Komponen Konstruktivisme, inkuiri, dan pemodelan pada Siswa Kelas 1X B MTs AL-MASYHUD Weleri Kabupaten Kendal Tahun Pelajaran 2010/2011) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Keterampilan menulis teks drama merupakan salah satu keterampilan yang harus dikuasai oleh siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan siswa dan guru bahasa dan sastra Indonesia, dapat disimpulkan bahwa keterampilan menulis teks drama siswa kelas IX B MTs AL-MASYHUD Weleri Kabupaten Kendal tahun pelajaran 2010/2011 masih belum baik. Sebagian besar siswa masih menemui beberapa kendala. Oleh karena itu, perlu digunakan media dalam pembelajaran menulis teks drama yang dapat meningkatkan motivasi dan prestasi siswa. Salah satunya adalah dengan pendekatan kontekstual komponen konstruktivisme, inkuiri, dan pemodelan. Berdasarkan uraian di atas penelitian ini mengkaji masalah peningkatan keterampilan menulis teks drama pada siswa kelas IX B MTs AL-MASYHUD Weleri Kabupaten Kendal tahun pelajaran 2010/2011 setelah mendapat pembelajaran melalui pendekatan kontekstual komponen konstruktivisme, inkuiri dan, pemodelan, dan bagaimanakah perubahan perilaku siswa kelas IX B MTs AL-MASYHUD Weleri Kabupaten Kendal tahun pelajaran 2010/2011 setelah mengikuti pembelajaran menulis teks drama melalui pendekatan kontekstual komponen konstruktivisme, inkuiri, dan pemodelan. Berkaitan dengan masalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis teks drama siswa kelas IX B MTs AL-MASYHUD Weleri Kabupaten Kendal tahun pelajaran 2010/2011 setelah mengikuti pembelajaran melalui pendekatan kontekstual komponen konstruktivisme, inkuiri, dan pemodelan, dan mendeskripsikan perubahan tingkah laku siswa kelas IX B MTs AL-MASYHUD Weleri Kabupaten Kendal tahun pelajaran 2010/2011 terhadap pembelajaran menulis teks drama dengan pendekatan kontekstual komponen konstruktivisme, inkuiri, dan pemodelan. Berdasarkan analisis hasil penelitian, keterampilan menulis teks drama siswa kelas IX B MTs AL-MASYHUD Weleri Kabupaten Kendal tahun pelajaran 2010/2011 menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I dan siklus II. Dari data tes dapat diketahui peningkatan nilai menulis teks drama dengan pendekatan kontekstual komponen konstruktivisme, inkuiri, dan pemodelan dari siklus I ke siklus II sebesar 4,98 atau 6,80 % dari rata-rata pada siklus I sebesar 68,24 menjadi 73,22. Sehingga dapat disimpulkan bahwa keterampilan siswa dalam menulis teks drama dengan pendekatan kontekstual komponen konstruktivisme, inkuiri, dan pemodelan semakin baik. Peningkatan keterampilan menulis teks drama siswa kelas IX B MTs AL-MASYHUD Weleri Kabupaten Kendal tahun pelajaran 2010/2011 juga diikuti dengan perubahan tingkah laku siswa yang semakin baik. Hasil analisis data nontes menunjukkan adanya peningkatan tingkah laku tersebut. memberi respon positif terhadap pendekatan kontekstual komponen konstruktivisme, inkuiri, dan pemodelan yang digunakan sebagai metode dan teknik dalam pembelajaran. Peneliti menyarankan kepada para guru agar dapat menggunakan pendekatan kontekstual sebagai alternatif dalam pembelajaran menulis teks drama karena telah terbukti mampu meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis teks drama pada siswa kelas IX B MTs AL-MASYHUD Weleri Kabupaten Kendal tahun pelajaran 2010/2011 dan merubah perilaku siswa ke arah positif. Peneliti juga menyarankan kepada para siswa agar lebih aktif berlatih menulis, khususnya menulis teks drama. Selain itu peneliti berharap agar para peneliti yang lain dapat melaksanakan pembelajaran keterampilan menulis teks drama dengan menggunakan teknik, media dan metode yang lain untuk mengetahui apakah dengan teknik, media dan metode tersebut keterampilan menulis teks drama siswa juga dapat meningkat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Teks drama, pendekatan kontekstual komponen konstruktivisme, inkuiri, pemodelan.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
P Language and Literature > PQ Romance literatures
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 13 Oct 2011 02:36
Last Modified: 25 Apr 2015 06:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/5602

Actions (login required)

View Item View Item