DESAIN ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM LITERASI MEMBACA BERMUATAN HIGH ORDER THINKING SKILLS UNTUK MENGANALISIS KOMPETENSI MINIMUM SISWA PADA MATERI LARUTAN ASAM-BASA


Farah Nur Rohmah, 4301418005 (2022) DESAIN ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM LITERASI MEMBACA BERMUATAN HIGH ORDER THINKING SKILLS UNTUK MENGANALISIS KOMPETENSI MINIMUM SISWA PADA MATERI LARUTAN ASAM-BASA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4301418005 - Farah Nur Rohmah vv.pdf] PDF - Published Version
Download (6MB)

Abstract

Peningkatan kualitas Pendidikan mendorong lahirnya kebijakan baru yaitu pengubahan Ujian Nasional (UN) menjadi Asesmen Nasional (AN) yang terdiri atas Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survey Karakter, dan Survey Lingkungan Belajar. Pengembangan AKM didasarkan pada kolaborasi PISA dan TIMSS yang menyatakan rerata kemampuan membaca siswa Indonesia berada di bawah rerata Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD) dan di bawah jangkauan siswa di negara-negara ASEAN. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen tes AKM literasi membaca bermuatan High Order Thinking Skills yang teruji dari segi kelayakan, validitas dan reliabilitasnya. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan desain 4D (define, design, development dan disseminate). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI dan XII SMA Negeri 3 Semarang dengan teknik pengambilan data melalui observasi, tes dan angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu validasi instrumen tes dan non tes oleh Pakar, analisis butir soal dengan model Rasch untuk memperoleh informasi validitas (item fit dan person fit), reliabilitas, tingkat kesukaran butir (item measure), tingkat abilitas individu (person measure) dan skalogram. Penelitian ini menghasilkan instrumen tes yang dinyatakan reliabel dengan skor 0,87 dan valid berdasarkan validitas isi dengan skor 42,67 dari skor total 48. Instrumen tes juga mengungkap profil kemampuan minimum siswa dengan kategori Mahir sebesar 31%, Perlu Intervensi Khusus 20%, Dasar 23% dan Cakap 26%. Hasil rekapitulasi angket tanggapan siswa dengan proporsi sangat setuju 35% dan setuju 58%, serta hasil rekapitulasi angket tanggapan guru didapatkan skor 57 dan 58 untuk masing-masing guru (1) dan guru (2) dari skor total 60 dengan kategori sangat setuju

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Asesmen Kompetensi Minimum, High Order Thinking, Literasi Membaca, Larutan Asam dan Basa
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 07 Feb 2023 01:36
Last Modified: 07 Feb 2023 01:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56018

Actions (login required)

View Item View Item