PENGEMBANGAN LKPD ELEKTRONIK BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATERI LARUTAN ASAM BASA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK
Hana Rahmatika Sari, 4301417054 (2022) PENGEMBANGAN LKPD ELEKTRONIK BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATERI LARUTAN ASAM BASA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Kurikulum 2013 dirancang guna menghasilkan insan yang afektif, produktif, inovatif, dan kreatif melalui penguatan sikap, keterampilan, dan pengetahuan. Salah satu model pembelajaran yang menunjang terciptanya pembelajaran sesuai kurikulum 2013 adalah discovery learning. LKPD Elektronik merupakan media pembelajaran yang berisi langkah-langkah sistematis dan beraturan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD Elektronik, menguji kelayakan dan keefektifan terhadap hasil belajar serta mengetahui tanggapan guru dan peserta didik Jenis penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D). Penelitian ini menggunakan model 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan yaitu Define, Design, Development, dan Disseminate. Karakteristik pengembangan LKPD Elektronik berbasis discovery learning dengan penelitian yang lain terletak pada bentuknya yang elektronik dan materi yang terkandung. Skor rata-rata penilaian dari validator ahli materi sebesar 46,5 dan penilaian dari validator ahli media sebesar 37 dari 40. Hasil belajar peserta didik dengan nilai n gain pada kelas XI MIPA 3, XI IPA 4, dan XI MIPA 5 secara berturut-turut sebesar 0,52 0,66 dan 0,87 yang termasuk dalam kategori sedang dan tinggi. Hasil belajar afektif peserta didik kelas XI MIPA 3, XI IPA 4, dan XI MIPA 5 secara berturut-turut sebesar 79,0 81,8 dan 89,0 Hasil belajar psikomotorik peserta didik kelas XI MIPA 3, XI IPA 4, dan XI MIPA 5 secara berturut-turut sebesar 82,5 85,7 dan 90,3 termasuk dalam kategori sangat baik. Tanggapan guru dan peserta didik mengenai LKPD Eleketronik berbasis discovery learning mendapatkan respon yang positif dengan perolehan skor rata rata tanggapan guru sebesar 37 dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa LKPD Elektronik yang dihasilkan baik, layak, dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | LKPD Elektronik, Discovery Learning, Hasil Belajar |
Subjects: | Q Science > QD Chemistry |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia, S1 |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 07 Feb 2023 01:27 |
Last Modified: | 07 Feb 2023 01:27 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56011 |
Actions (login required)
View Item |