PENGEMBANGAN LKS-E BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES PADA MATERI LAJU REAKSI KIMIA UNTUK MELATIH KETERAMPILAN MULTIPLE INTELLIGENCES


Tamalia Wahyu Utami, 4301417052 (2022) PENGEMBANGAN LKS-E BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES PADA MATERI LAJU REAKSI KIMIA UNTUK MELATIH KETERAMPILAN MULTIPLE INTELLIGENCES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4301417052 - Tamalia Wahyu Utami vv.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

Setiap manusia memiliki sembilan jenis kecerdasan yang sering disebut kecerdasan majemuk atau Multiple Intelligences (MI). Guru perlu menerapkan pembelajaran berbasis MI agar setiap kecerdasan yang dimiliki siswa dapat terakomodasi dengan baik. Salah satu upaya untuk mendukung guru menerapkan pembelajaran berbasis MI dapat dilalukan dengan menyediakan bahan ajar berupa LKS. LKS berfungsi sebagai alat bantu bagi guru untuk mengarahkan pembelajaran dan membantu siswa menjadi lebih aktif selama pembelajaran. Perkembangan Teknologi, Informasi, dan Komunikasi (TIK) yang pesat menyebabkan LKS mulai dikembangkan ke dalam bentuk digital. LKS yang tersedia dalam bentuk digital dapat disebut dengan LKS elektronik atau LKS-E. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKS-E berbasis Multiple Intelligences pada materi laju reaksi kimia yang teruji kelayakannya dan dapat digunakan untuk melatih keterampilan Multiple Intelligences siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model 4D (Define, Design, Development, dan Disseminate). Penelitian ini dilaksanakan pada Oktober 2020 sampai Juli 2022 di SMA Negeri 1 Bojong. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi, uji kelayakan, uji coba skala kecil, dan dokumentasi. Instrumen penelitian berupa instrumen kelayakan LKS-E dan instrumen angket respon LKS-E. Teknik analisis data meliputi analisis kelayakan LKS-E dan analisis angket respon LKS-E. Hasil penelitian kelayakan LKS-E menunjukkan skor rerata sebesar 51,5 dari skor total 52 dengan kategori sangat baik. Respon siswa dan guru terhadap LKS-E mendapatkan skor sebesar 38 dari skor total 44 dengan kategori sangat baik. Simpulan penelitian ini adalah produk berupa LKS-E berbasis Multiple Intelligences dinilai sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran kimia materi laju reaksi kimia. Saran berdasarkan penelitian ini adalah perlu dilakukan penelitian lanjutan terhadap LKS-E berbasis MI sampai pada uji coba skala besar untuk menganalisis keefektifannya

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: LKS-E, Multiple Intelligences, Laju Reaksi Kimia
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 07 Feb 2023 01:25
Last Modified: 07 Feb 2023 01:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56009

Actions (login required)

View Item View Item