DETERMINAN TINGKAT PENGANGGURAN TERBUKA DI PULAU JAWA


Erlina Ristianawati, 7111418008 (2022) DETERMINAN TINGKAT PENGANGGURAN TERBUKA DI PULAU JAWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7111418008 - Erlina Ristianawati.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pengangguran terbuka dapat diartikan bahwa seseorang yang sudah masuk dalam angkatan kerja namun belum mendapatkan pekerjaan karena rendahnya lapangan pekerjaan. Angka pengangguran yang semakin meningkat akan memberikan dampak buruk terhadap perekonomian, menurunnya tingkat kesejahteraan masyarakat, pendapatan masyarakat yang berkurang dan berpotensi mengakibatkan kemiskinan. Pulau Jawa menjadi kontribusi PDRB terbesar terhadap perekonomian Indonesia. Dengan besaran kontribusinya mencapai 57,55%, dapat diartikan bahwa Pulau Jawa ini memiliki perekonomian wilayah yang baik. Namun ternyata dengan pernyataan tersebut belum mencerminkan tingkat kesejahteraan masyarakat, hal ini dapat dilihat dari tingginya tingkat pengangguran terbuka di wilayah Pulau Jawa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis determinan tingkat pengangguran terbuka di Pulau Jawa tahun 2008-2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi data panel, dengan model terbaik yang terpilih yaitu fixed effect model. Variabel dependen yang digunakan yaitu tingkat pengangguran terbuka. Sedangkan untuk variabel independen yang digunakan diantaranya pertumbuhan ekonomi, penanaman modal dalam negeri, upah minimum provinsi, angka melek huruf dan rata lama sekolah. Data yang digunakan berupa data sekunder yang diperoleh dari website BPS. Hasil penelitian menunjukkan variabel pertumbuhan ekonomi, upah minimum provinsi dan rata lama sekolah berpengaruh signifikan terhadap tingkat pengangguran terbuka. Kemudian untuk variabel penanaman modal dalam negeri dan angka melek huruf tidak memiliki pengaruh terhadap tingkat pengangguran terbuka. Dalam hasil penelitian menunjukkan nilai R2 sebesar 0.913067. Hal ini dapat diartikan bahwa variabel independen dapat menjelaskan Tingkat Pengangguran Terbuka di Pulau Jawa dengan baik yaitu sebesar 91,30% sedangkan sisanya 8,7% dijelaskan oleh variabel lain diluar model.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: tingkat pengangguran terbuka, pertumbuhan ekonomi, penanaman modal dalam negeri, upah minimum provinsi, angka melek huruf, rata lama sekolah
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 07 Feb 2023 01:23
Last Modified: 07 Feb 2023 01:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56005

Actions (login required)

View Item View Item