PEMBELAJARAN TARI SEBAGAI PROSES PENANAMAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI DI SANGGAR SENI SOBOKARTTI


Monica Aprisicilya, 2501418059 (2022) PEMBELAJARAN TARI SEBAGAI PROSES PENANAMAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI DI SANGGAR SENI SOBOKARTTI. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 2501418059 - Monica Aprisicilya.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran tari di Sanggar Seni Sobokartti turut serta memegang peranan penting dalam mengasah kreativitas pada anak usia dini. Kreativitas sangat penting dikembangkan sejak usia dini karena berpengaruh dalam pengembangan aspek�aspek perkembangan anak usia dini. Apabila kreativitas anak tidak dikembangkan sejak dini maka kemampuan kecerdasan dan kelancaran dalam berpikir anak tidak akan berkembang. Berdasarkan alasan tersebut, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis: (1) Proses pembelajaran tari di Sanggar Seni Sobokartti; (2) Proses penanaman kreativitas anak usia dini dalam pembelajaran tari di Sanggar Seni Sobokartti. Metode penelitian menggunakan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan Teknik observasi, wawancaara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi (sumber, teknik, waktu). Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan proses pembelajaran tari di Sanggar Seni Sobokartti dilaksanakan dalam 4 pertemuan, diakhiri dengan geladi bersih dan ujian yaitu pada tanggal 18 Juni-3 Juli 2022. Pembelajaran tari secara umum terdiri dari kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Kegiatan awal meliputi persiapan, berdoa bersama dan pemanasan, kegiatan inti yaitu pemberian materi gerak dan penanaman kreativitas anak, kegiatan penutup meliputi evaluasi, pendinginan dan doa bersama. Hasil penelitian pada proses penanaman kreativitas menunjukkan bahwa anak mencerminkan perilaku kreatif berupa senang menjajaki lingkungannya, memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, bersifat spontanitas menyatakan pikiran dan perasaannya dan tidak cepat bosan. Dari hasil penelitian ini harapannya dapat menjadi contoh dalam proses penanaman kreativitas pada anak, khususnya melalui pembelajaran tari.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Tari, Kreativitas, Anak Usia Dini.
Subjects: L Education > Educational Institutions
N Fine Arts > NL Theater and Dance
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Tari)
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 06 Feb 2023 07:58
Last Modified: 06 Feb 2023 07:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55989

Actions (login required)

View Item View Item