ANALISIS PENGEMBANGAN USAHA PETERNAKAN SAPI PERAH BERBASIS KUALITAS PRODUK, SUMBER DAYA LINGKUNGAN, SUMBER DAYA SOSIAL DAN KOMPETENSI PETERNAK DI DESA INDROKILO KECAMATAN UNGARAN BARAT


Vica Almas Shabrina, 7111417140 (2022) ANALISIS PENGEMBANGAN USAHA PETERNAKAN SAPI PERAH BERBASIS KUALITAS PRODUK, SUMBER DAYA LINGKUNGAN, SUMBER DAYA SOSIAL DAN KOMPETENSI PETERNAK DI DESA INDROKILO KECAMATAN UNGARAN BARAT. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7111417140 - VICA ALMAS SHABRINA.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Aspek usaha peternakan sapi perah memiliki potensi yang besar dalam dalam menunjang pembanguan perekonomian khususnya masyarakat yang tinggal di wilayah pedesaan. Potensi utama dari produk hasil sapi perah adalah produk susu murni yang mampu dihasilkan dalam jangka waktu yang panjang. Selain produk susu murni juga terdapat hasil produk lainnya yaitu limbah kotoran sapi yang dapat dimanfaatkan untuk menjadi pupuk yang memiliki nilai ekonomis yang cukup baik. Produk susu murni yang merupakan salah satu kebutuhan penting untuk menstabilkan dan meningkatkan nilai gizi memiliki peluang pemasaran yang luas. Sampel pada penelitian ini diambil dengan menggunakan metode sensus atau pengambilan jumlah sampel dimana seluruh populasi penelitian menjadi anggota sampel sehingga dapat diketahui bahwa seluruh peternak sapi perah di wilayah Desa Indrokilo, Kecamatan Ungaran Barat dijadikan sampel. Hal ini berarti jumlah sampel yang diteliti didapatkan sebanyak 50 peternak. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah teknik studi pustaka dan kuesioner. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi. Hasil dari analisis pengujian menunjukkan kualitas produk berpengaruh positif terhadap pengembangan usaha ternak. Sumber daya lingkungan berpengaruh positif terhadap pengembangan usaha ternak. Sumber daya sosial berpengaruh positif terhadap pengembangan usaha ternak. Kompetensi peternak berpengaruh positif terhadap pengembangan usaha ternak pada kelompok ternak sapi perah di wilayah Desa Indrokilo, Kecamatan Ungaran Barat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Produk, Sumber Daya Lingkungan, Sumber Daya Sosial, Kompetensi Peternak
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 06 Feb 2023 04:54
Last Modified: 06 Feb 2023 04:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55980

Actions (login required)

View Item View Item