PERILAKU KONSUMSI MAHASISWA DALAM TRANSAKSI NON-TUNAI (Studi Kasus Pengguna E-wallet Gopay di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang)


Muhamad Widi Danendra Arhamni, 7111417137 (2022) PERILAKU KONSUMSI MAHASISWA DALAM TRANSAKSI NON-TUNAI (Studi Kasus Pengguna E-wallet Gopay di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7111417137 - Muhamad Widi Danendra Arhamni.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Perubahan pilihan pada sistem pembayaran dalam transaksi saat ini, sejalan dengan teknologi serta pola hidup masyarakat yang terus berkembang. Metode pembayaran tanpa menggunakan uang tunai kini menjadi salah satu gaya hidup masyarakat di zaman modern ini. Kepraktisan dan efisien merupakan hal sangat penting. Pandemi COVID-19 lalu membuat pola konsumsi masyarakat menjadi berubah karena adanya pilihan lain dalam sistem pembayaran. Bank Indonesia mencatat bahwa terjadi lonjakan transaksi uang elektronik dengan total transaksi ditahun 2020 sebesar 22,14 Triliun Rupiah dan hal ini tidak berbanding lurus dengan penurunan rata-rata pendapatan di Indonesia atau GDP Perkapita sebesar 4,5% (Rp. 57,73 jt) pada tahun 2020 akibat dari Pandemi COVID-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh adanya kemajuan teknologi (e-wallet) terhadap konsumsi mahasiswa yang diwakili melalui variabel Uang Saku, Harga, Kegunaan, Kemudahan Teknologi, dan Promosi. Sampel penelitian ini sebanyak 98 orang mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang dengan menggunakan teknik accidental sampling. Data yang digunakan adalah data primer. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan wawancara. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi berganda. Hasil dari pengujian analisis regresi berganda bahwa uang saku, harga, kegunaan, kemudahan teknologi, dan promosi berpengaruh secara parsial terhadap konsumsi mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang. Hal ini berarti kemajuan teknologi seperti e-wallet berpengaruh terhadap keputusan seseorang dalam berkonsumsi. Adapun saran yang dapat diberikan yaitu perusahaan dibidang keuangan seperti financial technology (fintech) diharapkan kedepannya dapat memberikan inovasi-inovasi lain seperti meningkatkan kualitas pelayanan, transaksi, promosi, dan lain-lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Konsumsi Mahasiswa, Transaksi Non-tunai, Analisis Regresi.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 06 Feb 2023 04:50
Last Modified: 06 Feb 2023 04:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55978

Actions (login required)

View Item View Item