DESAIN LKE (LEMBAR KERJA EKSPERIMEN) MULTIREPRESENTASI ASAM BASA DENGAN STRATEGI FLIPPED LEARNING


Naila Rahma Octaviya, 4301417019 (2022) DESAIN LKE (LEMBAR KERJA EKSPERIMEN) MULTIREPRESENTASI ASAM BASA DENGAN STRATEGI FLIPPED LEARNING. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4301417019 - Naila Rahma Octaviya vv.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Eksperimen Multirepresentasi asam basa dengan strategi flipped learning yang layak, praktis efektif dan mendapat respon positif dari penggunanya. Desain penelitian yang dilakukan yaitu Research and Development. Tahapan penelitian ini menggunakan tahapan Borg and Gall dengan 10 tahap penelitian yaitu 1) penelitian pendahuluan dan pengumpulan informasi (Research and Information Collection); 2) perencanaan (Planning); 3) pengembangan produk awal (Develop Preliminary Form of Product); 4) uji coba lapangan awal (Preliminary Field Testing); 5) revisi produk awal (Main Product Revision); 6) uji coba lapangan utama (Main Field Testing); 7) revisi produk hasil uji coba lapangan utama (Operational Product Revision); 8) uji coba pelaksanaan lapangan/pemakai (Operational Field Testing); 9) revisi produk akhir (Final Product Revision); 10) diseminasi dan implementasi (Dissemination and Implementation). Pengumpulan data penelitian menggunakan metode wawancara, observasi, dan angket. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif. Secara kuantitatif, data hasil penelitian dianalisis dengan cara menghitung rerata skor dan menentukan kriteria pada interval kelas tertentu. Hasil analisi data tersebut menunjukkan bahwa LKE Multirepresentasi memperoleh skor validitas 91,00% sehingga dinyatakan layak secara teoritis. Selain itu, data angket menunjukan bahwa LKE Multirepresentasi dinyatakan praktis dan efektif serta mendapat respon baik dari penggunanya dengan hasil perolehan skor 78,27%. Untuk kepraktisan dan 96,87% untuk keefektifan. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa LKE multirepresentasi asam basa dngan strategi Flipped learning dinyatakan layak, praktis, dan efektif sehingga dapat diterapkan dalam pembelajaran kimia.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: LKE Multirepresentasi, Asam Basa, Flipped Learning
Subjects: Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 06 Feb 2023 04:48
Last Modified: 06 Feb 2023 04:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55977

Actions (login required)

View Item View Item