PENERAPAN ANALYTIC NETWORK PROCESS (ANP) UNTUK DAMPAK PENURUNAN AREAL TANAM TERHADAP PRODUKSI KEDELAI (STUDI KASUS KABUPATEN KENDAL, JAWA TENGAH)


Anggun Rizki Fatmasari, 7111417133 (2022) PENERAPAN ANALYTIC NETWORK PROCESS (ANP) UNTUK DAMPAK PENURUNAN AREAL TANAM TERHADAP PRODUKSI KEDELAI (STUDI KASUS KABUPATEN KENDAL, JAWA TENGAH). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7111417133 - Anggun rizki Fatmasari.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Lahan merupakan sumber daya alam yang jumlahnya sulit bertambah, tetapi kebutuhan akan lahan semakin meningkat. Keberhasilan kedaulatan pangan erat kaitannya dengan ketersediaan lahan pertanian. Pemerintah sebagai pihak terkait upaya peningkatan hasil produksi kedelai dan meningkatkan areal tanam kedelai. Upaya dalam mendukung peningkatan areal tanam dan produksi kedelai memerlukan perencanaan yang tepat dan tersusun. Perencanaan tersebut dapat dilakukan melalui banyak kriteria dan alternatif yang memenuhi tersebut menggunakan alat analisis Analytic Network Process (ANP). Alat analisis tersebut dapat membantu dalam pengambilan keputusan dan pemecahan masalah yang tidak terstruktur dan membutuhkan ketergantungan antar elemen. Subjek penelitian ini adalah pihak pemerintahan, ketua kelompok tani, petani. Penelitian ini dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan kuesioner kepada narasumber terkait dampatvpenurunan areal tanam kedelai terhadap produksi kedelai. Hasil penelitian dari seluruh narasumber adalah Alternatif Lahan menunjukan nilai prioritas tertinggi dari dampak penurunan areal tanam kedelai dengan nilai 75% dibandingkan dengan pasar yang menjadi prioritas kedua dengan nilai 25%. Berdasarkan hasil penelitian diatas, dapat disimpulkan bahwa dampak penurunan areal tanam terhadap produksi kedelai melalui metode Analytic Network Process (ANP) lahan sebagai faktor produksi yang sangat penting untuk meningkatkan hasil produksi selain benih dan pupuk. Saran yang berkaitan dengan hasil penelitian ini adalah bagi pemrintah pemerintah harus mampu mengintegrasi atau melibatkan berbagai pihak terkait upaya peningkatan hasil produksi kedelai dan meningkatkan areal tanam kedelai. Bagi petani, diharapkan pembinaan dan sarpras yang telah diberikan oleh pemerintah terkait dapat dimanfaatkan dengan baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Analytic Network Process (ANP), Penurunan Areal Tanam, Produksi Kedelai
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 06 Feb 2023 04:45
Last Modified: 06 Feb 2023 04:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55975

Actions (login required)

View Item View Item