PENERAPAN INVERSI IMPEDANSI AKUSTIK UNTUK KARAKTERISASI RESERVOIR BATUPASIR LAPANGAN “QQ” CEKUNGAN SUMATRA TENGAH FORMASI BEKASAP


Syahrani Ayu Fadilah, 4211418049 (2022) PENERAPAN INVERSI IMPEDANSI AKUSTIK UNTUK KARAKTERISASI RESERVOIR BATUPASIR LAPANGAN “QQ” CEKUNGAN SUMATRA TENGAH FORMASI BEKASAP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4211418049 - Syahrani Ayu Fadilah vv.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kebutuhan minyak bumi sebagai sumber energi terbesar didunia mengalami penurunan 10 tahun terakhir yang diakibatkan oleh terbatasnya produktivitas sumur baru dan sumur tua yang sudah tidak produktif lagi, maka dilakukan eksplorasi minyak bumi. Lapangan QQ berada di Cekungan Sumatra Tengah, yang merupakan cekungan sedimentasi tersier penghasil hidrokarbon terbesar di Indonesia. Target pada penelitian ini berada pada Formasi Bekasap. Studi geofisika yang digunakan yaitu metode inversi seismik dengan teknik pemodelan bawah permukaan. Penambahan atribut seismik ini membantu menganalisis dan interpretasi kondisi geologi bawah permukaan. Atribut seismik ini menghasilkan peta persebaran reservoir berupa nilai impedansi akustik berdasarkan analisis inversi Bandlimited dan analisis atribut menggunakan atribut amplitudo seismik yaitu extract value. Berdasarkan hasil pengolahan data dan interpretasi, didapatkan nilai impedansi akustik berkisar 13.000 ft.g/(s.cm3) hingga 29.000 ft.g/(s.cm3). Litologi batupasir memiliki nilai impedansi akustik 21.000 ft.g/(s.cm3) hingga 29.000 ft.g/(s.cm3) dan litologi batuserpih memiliki nilai impedansi akustik di bawah 21.000 ft.g/(s.cm3). Berdasarkan hasil peta atribut seismik dapat disimpulkan bahwa reservoir batupasir memiliki nilai impedansi yang tinggi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: atribut seismik, bandlimited, bekasap, extract value, impedansi akustik, inversi seismik.
Subjects: Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 06 Feb 2023 04:44
Last Modified: 06 Feb 2023 04:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55974

Actions (login required)

View Item View Item