PENENTUAN LOKASI TITIK BOR AIR TANAH BERDASARKAN METODE GEOLISTRIK RESISTIVITAS KONFIGURASI SCHLUMBERGER DI PERUMAHAN PANDAWA RESIDENCE MIJEN KOTA SEMARANG


Shofwati, 4211418044 (2022) PENENTUAN LOKASI TITIK BOR AIR TANAH BERDASARKAN METODE GEOLISTRIK RESISTIVITAS KONFIGURASI SCHLUMBERGER DI PERUMAHAN PANDAWA RESIDENCE MIJEN KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4211418044 - Shofwati vv.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan perumahan di Kota Semarang semakin pesat dari waktu ke waktu. Demikian halnya kebutuhan akan air tanah. Permasalahan yang muncul adalah keterbatasan air tanah di beberapa lokasi perumahan. Salah satu perumahan yang menghadapi permasalahan tersebut adalah Perumahan Pandawa Residence Mijen Kota Semarang. Kontraktor perumahan untuk mengatasinya berupaya menemukan cekungan air tanah di sekitar perumahan melalui upaya pemboran air tanah. Permasalahan selanjutnya yaitu menentukan lokasi titik pemboran air tanah. Penelitian ini dilakukan bertujuan menentukan titik lokasi pemboran di sekitar lokasi perumahan tersebut. Metode yang digunakan berupa metode geolistrik resistivitas dengan konfigurasi Schlumberger. Berdasarkan hasil pengukuran dan pengolahan data didapatkan nilai ketebalan dan kedalaman air tanah yang mencirikan lapisan akuifer terbanyak terletak pada titik GL 1A dengan kedalaman 1.01 – 78. 51 meter dan ketebalan kurang lebih 77.50 meter sehingga pengeboran dapat dilakukan di titik tersebut.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Air Tanah, Geolistrik, Akuifer
Subjects: Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 06 Feb 2023 04:39
Last Modified: 06 Feb 2023 04:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55971

Actions (login required)

View Item View Item