Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Berdasarkan Pengalaman Pribadi dengan Teknik Kata Kunci melalui Media Foto Siswa Kelas VII SMP Islam Al Munawaroh Banjarnegara


Tri Winanci Nugraheni , 2101407102 (2011) Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Berdasarkan Pengalaman Pribadi dengan Teknik Kata Kunci melalui Media Foto Siswa Kelas VII SMP Islam Al Munawaroh Banjarnegara. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Berdasarkan Pengalaman Pribadi dengan Teknik Kata Kunci melalui Media Foto Siswa Kelas VII SMP Islam Al Munawaroh Banjarnegara]
Preview
PDF (Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Berdasarkan Pengalaman Pribadi dengan Teknik Kata Kunci melalui Media Foto Siswa Kelas VII SMP Islam Al Munawaroh Banjarnegara) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Keterampilan menulis puisi siswa kelas VII SMP Islam Al Munawaroh Banjarnegara belum memperoleh hasil yang maksimal. Hal ini disebabkan siswa masih kesulitan dalam menentukan dan mengembangkan tema menjadi sebuah puisi. Selain itu, guru selalu menggunakan metode ceramah dalam pembelajaran. Suasana kelas yang membosankan membuat siswa tidak terlalu antusias dalam mengikuti pembelajaran, akibatnya siswa tidak dapat menyerap materi pembelajaran dengan baik. Pemilihan teknik kata kunci dan media foto dapat menjadi metode alternatif dalam menulis, khususnya menulis puisi berdasarkan pengalaman yang pernah dialami. Penggunaan teknik kata kunci diharapkan akan mempermudah siswa dalam menulis puisi. Sedangkan, media foto akan mempermudah siswa untuk menentukan ide dan mengembangkannya menjadi sebuah puisi. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana peningkatan keterampilan menulis puisi berdasarkan pengalaman pribadi siswa kelas VII SMP Islam Al Munawaroh Banjarnegara setelah mengikuti pembelajaran menulis puisi berdasarkan pengalaman pribadi dengan teknik kata kunci melalui media foto, (2) bagaimanakah perubahan perilaku siswa kelas VII SMP Islam Al Munawaroh Banjarnegara dalam menulis puisi berdasarkan pengalaman pribadi setelah mengikuti pembelajaran menulis puisi dengan teknik kata kunci melalui media foto. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis puisi berdasarkan pengalaman pribadi pada siswa kelas VII SMP Islam Al Munawaroh Banjarnegara dengan teknik kata kunci melalui media foto, (2) mendeskripsikan perubahan prilaku siswa kelas VII SMP Islam Al Munawaroh Banjarnegara setelah mengikuti pembelajaran menulis puisi berdasarkan pengalaman pribadi dengan teknik kata kunci melalui media foto. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua tahap, yaitu siklus I dan siklus II dengan subjek penelitian siswa kelas VII SMP Islam Al Munawaroh Banjarnegara. Penelitian ini menggunakan dua variabel yaitu variabel keterampilan menulis puisi dan variabel penggunaan teknik kata kunci dan media foto. Instrumen penelitian berupa instrumen tes dan instrumen nontes. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes dan teknik nontes. Analisis data tes dilakukan dengan analisis kuantitatif dan analisis kualitatif. Hasil yang diperoleh setelah penelitian dilaksanakan cukup memuaskan. Secara umum dapat dikatakan siswa sudah mengalami peningkatan dalam pembelajaran menulis puisi. Dari hasil analisis data diperoleh hasil tes siklus I sebesar 69,68. Selanjutnya, pada siklus II meningkat menjadi 76,54. Hal ini menunjukan bahwa terjadi peningkatan sebesar 6,86 dari siklus I sampai siklus II. Peningkatan tes ini juga diikuti dengan perubahan perilaku siswa dari negatif ke arah positif. Siswa lebih antusias dan bersemangat dalam mengikuti pembelajaran menulis puisi. Situasi kelas pun lebih kondusif dan menyenangkan sehingga proses pembelajaran dapat berjalan dengan lancar. Melihat hal tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan teknik kata kunci dan media foto dapat meningkatakan keterampilan menulis puisi siswa dan perubahan perilaku ke arah positif. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyarankan agar teknik kata kunci dan media foto dapat dijadikan alternatif dalam pembelajaran menulis puisi. Jika guru lebih memerhatikan struktur fisik puisi maka penggunaan teknik kata kunci dan media foto akan lebih maksimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis puisi, media foto, teknik kata kunci
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 13 Oct 2011 02:24
Last Modified: 25 Apr 2015 06:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/5597

Actions (login required)

View Item View Item