PENGARUH TENAGA KERJA (TK), PENANAMAN MODAL ASING (PMA) DAN PENANAMAN MODAL DALAM NEGERI (PMDN) TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI INDONESIA


DZIKRI FAHRUZI, 7111417110 (2022) PENGARUH TENAGA KERJA (TK), PENANAMAN MODAL ASING (PMA) DAN PENANAMAN MODAL DALAM NEGERI (PMDN) TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI INDONESIA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7111417110 - Dzikri Fahruzi.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pertumbuhan ekonomi merupakan salah satu parameter dalam menentukan maju maupun berkembangnya suatu wilayah, perlu adanya perhatian khusus agar pertumbuhan ekonomi tidak menjumpai masalah. Penelitian ini di latar belakangi oleh nilai pertumbuhan yang relatif turun di tiap tahunnya hal tersebut berbanding terbalik dengan Tenaga Kerja, Penanaman Modal Asing dan Penanaman Modal Dalam Negeri yang cenderung mengalami kenaikan tiap tahunnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tenaga kerja, penanaman modal asing, penanaman modal dalam negeri terhadap pertumbuhan ditahun 1990-2020. Penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda, jenis data yang digunakan yaitu berupa runtut waktu (Time Series) 1990-2020 atau selama 31 tahun. analisis pada penelitian menggunakan regresi linear berganda dengan metode OLS. Variabel dependen yang digunakan adalah pertumbuhan ekonomi sedangkan data yang digunakan pada variabel independen adalah : jumlah tenaga kerja di Indonesia, penanaman modal asing dan penanaman modal dalam negeri. Sumber data penelitian ini yaitu BPS dan The WorldBank. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa jumlah tenaga kerja tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia, penanaman modal asing memiliki pengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia dan penanaman modal dalam negeri tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, penulis menyarankan: lebih mengontrol tenaga kerja yang masuk ke Indonesia agar tidak menggerus tenaga kerja lokal yang ada. Perbaikan serta pemerataannya infrastruktur yang tersedia agar investasi yang masuk tidak hanya terpusat disuatu daerah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pertumbuhan Ekonomi, Tenaga Kerja, Penanaman Modal Asing, Penanaman Modal Dalam Negeri
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 06 Feb 2023 04:34
Last Modified: 06 Feb 2023 04:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55967

Actions (login required)

View Item View Item