APLIKASI LOGIKA FUZZY DALAM PENENTUAN TINGKAT KUALITAS AIR SUNGAI BERINGIN DI KECAMATAN NGALIYAN DAN MIJEN KOTA SEMARANG


Risma Dwi Rahmawati, 4211418025 (2022) APLIKASI LOGIKA FUZZY DALAM PENENTUAN TINGKAT KUALITAS AIR SUNGAI BERINGIN DI KECAMATAN NGALIYAN DAN MIJEN KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4211418025 - Risma Dwi Rahmawati vv.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Salah satu sungai yang ada di Kota Semarang yaitu Sungai Beringin yang keberadaannya tidak dapat dipisahkan dari jumlah dan aktivitas penduduk. Banyaknya aktivitas masyarakat dan industri di sepanjang sungai serta adanya dinamika aliran, menimbulkan perubahan kualitas dan kuantitas air sungai secara signifikan yang mengakibatkan terjadinya pencemaran air sungai. Upaya untuk memantau dan mengendalikan pencemaran air sungai salah satunya dengan melakukan pengukuran kualitas mutu air dengan logika fuzzy dan analisis dengan Indeks Pencemaran yang dihitung untuk menilai tingkat pencemaran perairan. Adapun parameter masukan / input kualitas air yang digunakan yaitu TSS, TDS, pH, DO, COD, BOD, Nitrat dan Nitrit. Logika fuzzy menjadi suatu cara untuk mempresentasikan dan menangani masalah seperti ketidaktepatan/ ketidakpastian yang bernilai kontinu. Logika fuzzy dengan Metode Mamdani diawali dengan menentukan variabel input dan output kemudian mengubah variabel input menjadi himpunan fuzzy. Selanjutnya dimasukkan ke dalam sebuah rule yang telah dibuat untuk dijadikan sebuah fuzzy output. Langkah terakhir yaitu proses defuzzifikasi dengan menerjemahkan variabel output untuk pengambilan keputusan. Berdasarkan hasil analisis kualitas air Sungai Beringin dengan logika fuzzy Metode Mamdani dan Indeks Pencemaran (IP) mayoritas berada pada status cemar ringan. Hasil keakuratan menunjukkan 92,6% terbukti adanya kesesuaian hasil perhitungan penentuan kualitas air sungai Beringin menggunakan hasil perhitungan kualitas air sungai metode Indeks Pencemaran (IP), sehingga dapat disimpulkan bahwa aplikasi logika fuzzy Metode Mamdani dapat digunakan dalam penentuan tingkat kualitas air Sungai Beringin.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kualitas air sungai, fuzzy, Metode Mamdani, Indeks Pencemaran.
Subjects: Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 06 Feb 2023 04:30
Last Modified: 06 Feb 2023 04:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55964

Actions (login required)

View Item View Item