STRATEGI PEMBELAJARAN SENI MUSIK DI SMP KRISTEN TERANG BANGSA SEMARANG
Gusti Salsa Sakinah Ramadhani, 2501417134 (2022) STRATEGI PEMBELAJARAN SENI MUSIK DI SMP KRISTEN TERANG BANGSA SEMARANG. Under Graduates thesis, Unnes.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Mata pelajaran seni musik mencakup kemampuan untuk menguasai olah vokal, memainkan alat musik dan mengapresiasi karya musik. Tercapai tidaknya pendidikan seni musik dalam proses pembelajaran tergantung pada sejauh mana pendidikan seni musik berfungsi dalam menjalankan transfer nilai afektif, kognitif, dan psikomotorik siswa dalam mengikuti pelajaran tersebut. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mengetahui strategi pembelajaran apa yang digunakan guru dalam pembelajaran musik SMP Kristen Terang Bangsa Semarang. 2) Mengetahui persiapan dan kesiapan guru dan siswa dalam pembelajaran music di SMP Kristen Terang Bangsa Semarang. 3) Mengetahui apa saja kendala yang dihadapi selama pembelajaran musik berlangsung di SMP Kristen Terang Bangsa Semarang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptifnaturalistik. Data dalam penelitian ini diambil dari SMP Kristen Terang Bangsa Semarang Tahun Pelajaran 2021/2022. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik: 1) Wawancara mendalam, 2) Observasi, 3) Mengkaji dokumen. Untuk menguji keterpercaan data menggunakan: 1) Triangulasi, 2) Perpanjangan keikut-sertaan, 3) Kecukupan referensi. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi pembelajaran seni budaya (seni musik) di SMP Kristen Terang Bangsa Semarang meliputi: 1) Perencanaan kegiatan pembelajaran, 2) Pelaksanaan kegiatan pembelajaran yang terdiri dari: pendahuluan, kegiatan inti pembelajaran, dan penutup. Dalam kegiatan ini, guru menerapkan pendekatan yang divariasi dengan metode demonstrasi, ceramah, dan tanya jawab. Pemanfaatan media alat musik disesuaikan dengan pemilihan materi pembelajarn. Evaluasi pembelajaran dilaksanakan untuk mengetahui tingkat penguasaan kompetensi bagi siswa. Untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran diadakan kegiatan ekstrakurikuler seni musik. 5) Faktor pendukung pelaksanaan pembelajaran adalah ketersediaannya sarana, baik dari sekolah maupun siswa serta tenaga guru yang memiliki kompetensi memadai. Kendala yang dihadapi dalam pembelajaran seni musik, alokasi yang tidak seimbang dengan muatan materi, dan kurangnya motivasi siswa karena beranggapan bahwa pelajaran seni musik tidak termasuk mata pelajaran ujian nasional. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah kegiatan pembelajaran sudah berjalan dengan baik yaitu melakukan kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Kesiapan dan persiapan guru dan siswa sudah baik dibuktikan dengan kelengkapan fasilitas dan sara yang ada di dalam pembelajara
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Subjects: | L Education > Educational Institutions M Music and Books on Music > M Music |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik) |
Depositing User: | sri yuniati perpustakaan |
Date Deposited: | 06 Feb 2023 03:51 |
Last Modified: | 06 Feb 2023 03:51 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55956 |
Actions (login required)
View Item |