KREATIVITAS GURU DALAM PEMBELAJARAN SENI MUSIK DI TAMAN KANAK-KANAK NEGERI PEMBINA ADIPALA


Bangkit Darajatun Wijayanto, 2501417132 (2022) KREATIVITAS GURU DALAM PEMBELAJARAN SENI MUSIK DI TAMAN KANAK-KANAK NEGERI PEMBINA ADIPALA. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 2501417132 - Bangkit Darajatun Wijayanto.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kreativitas merupakan kemampuan yang dimiliki seseorang untuk menemukan dan menciptakan sesuatu hal yang baru, cara-cara baru, model baru yang berguna bagi dirinya dan bagi masyarakat perlu diterapkan dalam diri seorang guru yang ingin berkreativitas. Kreativitas guru sangat penting dalam kegiatan pembelajaran, tetapi fasilitas dan tenaga pendidik juga sangat berpengaruh. Guru di TK Negeri Pembina Adipala berlatar belakang bukan dari pendidikan seni musik. Peneliti tertarik untuk meneliti kreativitas guru di TK Negeri Pembina Adipala karena seorang guru yang bukan dari pendidikan seni musik dapat mengembangkan kreativitas dan mengajarkan kepada para siswa dalam kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kreativitas guru dalam proses pembelajaran seni musik di TK Negeri Pembina Adipala. Pendidik ingin menciptakan kreativitas pada siswanya pada awalnya harus berusaha untuk berimajinasi menciptakan hal baru kepada siswanya. Oleh karena itu, guru perlu menumbuhkan daya cipta mereka sebagai penyesuaian dari pengalaman yang berkembang di sekolah. Pendekatan penelitian yang digunakan oleh penulis adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian dilakukan di Taman Kanak-kanak Negeri Pembina Adipala. Teknik pengumpulan data dalam kasus penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data yang dijadikan fokus penulis adalah sekolah, guru seni musik, siswa yang kemudian data-data tersebut di analisa dengan menggunakan teknik analisis yang sesuai dengan kerangka dasar yang telah disusun sebelumnya. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Bu mar yang merupakan Guru seni musik di Taman Kanak�Kanak Negeri Pembina Adipala lulusan PG PAUD bukan seorang Guru yang memiliki latar belakang Pendidikan seni musik, tetapi memiliki pengetahuan seni musik yang bagus. Meskipun Bu Mariyah Agustriani bukan dari lulusan Pendidikan seni musik, tetapi penguasaan materi seni musik mampu dipahami siswa dengan baik, sehingga siswa sangat berminat jika sedang melakukan pembelajaran seni musik. Selain memiliki penguasaan materi yang memadai, Bu Mariyah Agustriani memiliki rasa percaya diri yang sangat tinggi sehingga mampu menyusun teknik pembelajaran seni musik yang tepat serta bervariasi. Berdasarkan hasil penelitian, sudah dapat disimpulkan bahwa Bu Mariyah Agustriani yang merupakan Guru seni musik di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Adipala lulusan PG PAUD bukan seorang Guru yang memiliki latar belakang Pendidikan seni musik, tetapi penguasaan materi seni musik mampu dipahami siswa dengan baik dan mampu menyusun teknik pembelajaran seni musik yang tepat serta bervariasi

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas; Pembelajaran ; Seni Musik
Subjects: L Education > Educational Institutions
M Music and Books on Music > M Music
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 06 Feb 2023 03:43
Last Modified: 06 Feb 2023 03:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55954

Actions (login required)

View Item View Item