DETERMINAN TINGKAT KEMISKINAN DI ENAM PROVINSI TERMISKIN DI INDONESIA


Evie Cahyani, 7111416026 (2022) DETERMINAN TINGKAT KEMISKINAN DI ENAM PROVINSI TERMISKIN DI INDONESIA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7111416026 - Evie Cahyani.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kemiskinan merupakan salah satu masalah yang dihadapi oleh negara Indonesia dengan tingkat kemiskinan tinggi. Jika dilihat berdasarkan provinsi terdapat 6 provinsi dengan tingkat kemiskinan tertinggi dibandingkan dengan provinsi yang lain yaitu Provinsi Papua, Papua Barat, Nusa Tenggara Timur, Maluku, Gorontalo dan Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor yang mempengaruhi tingkat kemiskinan di enam provinsi termiskin di Indonesia. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan data panel yaitu kombinasi antara time series dan cross section. Variabel yang digunakan adalah Tingkat Kemiskinan, Indeks Pembangunan Manusia, Tingkat Pengangguran Terbuka, Nilai Tukar Petani dan Rasio Ketergantungan yang diperoleh dari website Badan Pusat Statistik tahun 2016-2020. Hasil dari penelitian ini adalah variabel Indeks Pembangunan Manusia, Nilai Tukar Petani dan Rasio Ketergantungan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Tingkat Kemiskinan. Sedangkan variabel Tingkat Pengangguran Terbuka berpengaruh positif tidak signifikan terhadap Tingkat Kemiskinan. koefisien determinasi R2 sebesar 0, menunjukkan bahwa variabel independen yang diteliti dapat menjelaskan pengaruhnya sebesar 99 terhadap variabel dependen sedangkan sisanya sebesar dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan pada penelitian. Saran yang dapat diberikan dari hasil penelitian ini yaitu (1) Meningkatkan IPM melalui peningkatan kualitas pendidikan dan kesehatan. (2) Mengurangi pengangguran dengan cara memberikan pelatihan keterampilan dan pembinaan menjadi wirausaha. (3). Meningkatkan NTP melalui peningkatan kualitas SDM petani, sehingga dapat meningkatkan hasil produksi pertanian secara maksimal. (4) Perlu dilakukan upaya dalam menekan rasio ketergantungan dengan cara mengurangi angka kelahiran dan memberikan bantuan sosial kepada penduduk lanjut usia.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Tingkat Kemiskinan, Indeks Pembangunan Manusia, Tingkat Pengangguran Terbuka, Nilai Tukar Petani, Rasio Ketergantungan.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 06 Feb 2023 02:42
Last Modified: 06 Feb 2023 02:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55936

Actions (login required)

View Item View Item