IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN ASTRONOMI MATERI KOORDINAT BENDA LANGIT MENGGUNAKAN APLIKASI STELLARIUM UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN LITERASI DIGITAL MAHASISW


MUHAMMAD IJAB MAULANA, 4201418098 (2022) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN ASTRONOMI MATERI KOORDINAT BENDA LANGIT MENGGUNAKAN APLIKASI STELLARIUM UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN LITERASI DIGITAL MAHASISW. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201418098 - Muhammad Ijab Maulana vv.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Digitalisasi memegang peranan penting dalam kemajuan teknologi era ini salah satu produk dari kemajuan dunia digital adalah Aplikasi. Penggunaan aplikasi dapat menunjang kegiatan pembelajaran karena dinilai mampu meningkatkan indeks pemahaman dan kemampuan literasi digital. Stellarium merupakan salah satu aplikasi berbasis sistem informasi yang dapat digunakan untuk menunjang pembelajaran Astronomi. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh pemanfaatan Aplikasi Stellarium terhadap pemahaman konsep mahasiswa pada materi koordinat benda langit (2) mengetahui kemampuan literasi digital mahasiswa melalui penggunaan Aplikasi Stellarium. Desain penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitiannya Kuasi Eksperimen dengan Model Rasch. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh : (1) hasil validasi uji kelayakan soal terhadap responden sebesar 41,5 (2) hasil pengaruh penerapan aplikasi Stellarium berbantuan Excel dari pretest 42,5% naik ketika posttest menjadi 45,6%. (3)

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Stellarium, Konsep, Astronomi, Literasi Digital, Koordinat Benda Langit.
Subjects: Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 06 Feb 2023 02:27
Last Modified: 06 Feb 2023 02:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55927

Actions (login required)

View Item View Item