ANALISIS MISKONSEPSI MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA MENGGUNAKAN FOUR-TIERS MULTIPLE CHOICE DIAGNOSTIC TEST PADA MATERI HUKUM NEWTON TENTANG GERAK
Risma Tantri, 4201418076 (2022) ANALISIS MISKONSEPSI MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA MENGGUNAKAN FOUR-TIERS MULTIPLE CHOICE DIAGNOSTIC TEST PADA MATERI HUKUM NEWTON TENTANG GERAK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Pemahaman konsep sangat penting dimiliki oleh mahasiswa pendidikan fisika sebagai calon guru. Jika seorang guru memberikan konsep yang bertentangan dengan konsepsi para ahli kepada siswa secara kontinu maka akan menimbulkan kesalahan konsep yang berkepanjangan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis miskonsepsi mahasiswa pendidikan fisika dan faktor yang mempengaruhinya dengan menggunakan four-tiers multiple choice diagnostic test yang dilengkapi oleh certainty of response index (CRI). Sampel dalam penelitian ini adalah 80 mahasiswa pendidikan fisika Universitas Negeri Semarang semester IV. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian campuran (mixed method) dengan squential explanatory design. Metode Pengumpulan data kuantitatif dengan metode tes untuk mengukur miskonsepsi mahasiswa pendidikan fisika. Metode pengumpulan data kualitatif dengan metode wawancara untuk menganalisis miskonsepsi yang dialami mahasiswa pendidikan fisika beserta faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini menggunakan soal four-tiers multiple choice diagnostic test yang terdiri dari 20 butir soal pilihan ganda bertingkat. Soal ini memiliki validitas isi dalam kategori sangat layak dengan persentase 91,25% dan reliabilitas dalam kategori tinggi sebesar 0,768. Berdasarkan hasil analisis interpretasi kombinasi jawaban mahasiswa pendidikan fisika, persentase mahasiswa pendidikan fisika yang mengalami miskonsepsi adalah 60,44% dengan kategori tinggi. Mahasiswa pendidikan fisika mengalami miskonsepsi tertinggi pada konsep Hukum II Newton dengan persentase miskonsepsi sebesar 64,06%. Faktor yang mempengaruhi terjadinya miskonsepsi terhadap mahasiswa pendidikan fisika meliputi faktor eksternal dan faktor internal. Faktor eksternal yang mempengaruhi miskonsepsi mahasiswa pendidikan fisika adalah pendidik, metode pembelajaran, lingkungan, media pembelajaran, dan perangkat elektronik. Faktor internal yang mempengaruhi miskonsepsi mahasiswa pendidikan fisika adalah kurangnya motivasi belajar sehingga mahasiswa kurang antusias untuk mengeksporasi materi Hukum Newton tentang gerak, kurangnya keberanian mahasiswa untuk bertanya ketika proses pembelajaran, dan cara belajar mahasiswa yang salah
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Miskonsepsi, Tes Diagnostik, Hukum Newton tentang Gerak |
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika, S1 |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 06 Feb 2023 02:19 |
Last Modified: | 06 Feb 2023 02:19 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55925 |
Actions (login required)
View Item |