BAHAN AJAR FISIKA SMA MATERI TEORI KINETIK GAS BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN GOOGLE SITES UNTUK MEMFASILITASI PERKEMBANGAN KARAKTER


Jayanti Nurulita, 4201418075 (2022) BAHAN AJAR FISIKA SMA MATERI TEORI KINETIK GAS BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN GOOGLE SITES UNTUK MEMFASILITASI PERKEMBANGAN KARAKTER. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201418075 - Jayanti Nurulita vv.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Wujud tercapainya tujuan pendidikan di Indonesia salah satunya melalui pendidikan karakter yang ditanamkan kepada peserta didik. Karakter yang dicanangkan dalam program nawacita Presiden Indonesia yakni pelajar dengan Profil Pelajar Pancasila. Agar tujuan tercapai, dipilih penunjang pembelajaran berupa bahan ajar untuk memfasilitasi perkembangan karakter. Kegiatan pembelajaran dengan melibatkan aspek-aspek pendidikan karakter dapat dilakukan dengan menerapkan model Problem Based Learning (PBL). Bahan ajar berbantuan google sites menjadi salah satu pendukung prasarana dalam proses pembelajaran dengan memanfaatkan perkembangan IPTEK dalam dunia pendidikan. Pengembangan karakter dilakukan dalam segala aspek pendidikan termasuk seluruh mata pelajaran, salah satunya fisika. Penelitian ini menghasilkan produk berupa bahan ajar fisika SMA materi teori kinetik gas berbasis PBL berbantuan google sites untuk memfasilitasi perkembangan karakter. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan karakteristik, mengetahui kelayakan, mengetahui perkembangan karakter dan respons peserta didik terhadap bahan ajar fisika SMA materi teori kinetik gas berbasis PBL berbantuan google sites untuk memfasilitasi perkembangan karakter. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development dengan desain penelitian yang digunakan adalah ADDIE. Prosedur penelitian meliputi: (1) analysis, (2) design, (3) development, (4) implementation, (5) evaluations. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 15 Semarang. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI MIPA. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI MIPA 1. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan beberapa cara yaitu observasi, tes, dan angket. Karakteristik bahan ajar fisika berbasis PBL berbantuan google sites berisi materi teori kinetik gas dilengkapi dengan aktivitas peserta didik yang terintegrasi sintak PBL dan bermuatan enam karakter profil pelajar Pancasila. Hasil uji kelayakan menunjukkan bahan ajar termasuk dalam kriteria sangat layak. Penggunaan bahan ajar dalam pembelajaran dapat mengembangkan karakter peserta didik dalam kategori mulai berkembang. Hasil penilaian respons peserta didik terhadap bahan ajar diperoleh dalam kriteria sangat baik. Bahan ajar fisika SMA materi teori kinetik gas berbasis PBL berbantuan google sites untuk memfasilitasi perkembangan karakter mendapatkan respons yang sangat baik dari peserta didik untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: bahan ajar, PBL, google sites, karakter.
Subjects: Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 06 Feb 2023 02:16
Last Modified: 06 Feb 2023 02:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55924

Actions (login required)

View Item View Item