KPD BERBASIS INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN GOOGLE SITES MATERI MOMENTUM DAN IMPULS UNTUK MEMFASILITASI PERKEMBANGAN KARAKTER


Anggita Noval Shafira, 4201418070 (2022) KPD BERBASIS INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN GOOGLE SITES MATERI MOMENTUM DAN IMPULS UNTUK MEMFASILITASI PERKEMBANGAN KARAKTER. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201418070 - Anggita Noval Shafira vv.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Keberadaan pendidikan karakter sangat penting untuk menciptakan kepribadian bangsa serta mengembangkan perilaku peserta didik mengarah ke hal-hal positif. Visi kemendikbud 2020-2024 yaitu mendukung visi dan misi presiden untuk mewujudkan indonesia maju, berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya pelajar pancasila. Pendidikan karakter dapat diintegrasikan ke dalam LKPD berupa ajakan, saran, dan petunjuk khusus. Model inkuiri sesuai diterapkan dalam upaya mengembangkan karakter. Google sites merupakan salah satu perangkat lunak yang dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran, khususnya dalam pembuatan sumber belajar. Tujuan penelitian ini yaitu memperoleh LKPD, mengetahui kelayakan LKPD, mengetahui tingkatan perkembangan karakter serta mengetahui tingkatan hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian ini yaitu penelitian dan pengembangan yang disebut Research and Development (R&D) dengan desain pengembangan model ADDIE. Tahapan model ADDIE meliputi analysis, design, development, implementation, and evaluation. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MIPA dan sampel penelitiannya adalah X MIPA 2. LKPD diuji kelayakannya dengan menggunakan angket dan uji keterbacaan menggunakan tes rumpang. LKPD ditinjau berdasarkan aspek kelayakan isi, penyajian, bahasa, kegrafikan, dan media menghasilkan nilai 89% dengan kriteria sangat layak. Hasil uji keteracaan mencapai persentase 84% dengan kriteria mudah dipahami. Perkembangan karakter beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, berkebhinekaan global, gotong royong, mandiri diukur menggunakan angket dan lembar observasi sedangkan karakter bernalar kritis dan kreatif diukur menggunakan soal uraian pretest posttest dan lembar observasi. Data angket karakter, tes uraian, dan lembar observasi dianalisis dan diperoleh hasil bahwa LKPD berbasis inkuiri terbimbing berbantuan Google sites materi momentum dan impuls dapat mengembangkan karakter peserta didik. Hasil belajar peserta didik yang dianalisis menggunakan pretest posttest juga mengalami peningkatan setelah melakukan pembelajaran menggunakan LKPD.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: LKPD, karakter, inkuiri terbimbing, Google sites
Subjects: Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 06 Feb 2023 02:10
Last Modified: 06 Feb 2023 02:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55921

Actions (login required)

View Item View Item