PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI ANDROID TERHADAP PEMAHAMAN PESERTA DIDIK PADA MATERI KESETIMBANGAN BENDA TEGAR


Isna Novebriana Jazirotunnisa, 4201418059 (2022) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI ANDROID TERHADAP PEMAHAMAN PESERTA DIDIK PADA MATERI KESETIMBANGAN BENDA TEGAR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201418059 - Isna Novebriana Jazirotunnisa vv.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Pemanfaatan media pembelajaran dapat mendukung peserta didik dalam memahami materi. Media pembelajaran yang dapat digunakan pada proses pembelajaran salah satunya adalah media pembelajaran berbasis Smartphone. Mengingat pada era global seperti sekarang ini sebagian besar peserta didik telah memiliki dan mahir dalam menggunakan media elektronik khususnya smartphone. Media pembelajaran yang memanfaatkan smartphone disebut Mobile Learning. Pemanfaatan M-Learning dapat diterapkan pada mata pelajaran fisika salah satunya pada materi kesetimbangan benda tegar. Pembelajaran fisika di SMAN 3 Demak belum pernah menggunakan media pembelajaran berbasis aplikasi android. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran berbasis aplikasi android dalam meningkatkan pemahaman peserta didik pada materi kesetimbangan benda tegar. Penelitian ini menggunakan metode ekperimen dengan Nonequivalent Control Group Design. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 3 Demak pada XI MIPA 1 sebagai kelas kontrol dan kelas XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes, angket, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran menggunakan media pembelajaran berbasis aplikasi android tidak berpengaruh terhadap peningkatan pemahaman peserta didik pada materi kesetimbangan benda tegar. Hal tersebut ditunjukkan pada hasil uji hipoteis menggunakan uji t didapatkan hasil thitung lebih kecil daripada ttabel. Pemahaman peserta didik tidak hanya dipengaruhi oleh media pembelajaran, namun juga dipengaruhi oleh kemampuan matematis, kemampuan awal, minat, kebiasaan belajar, dan lingkungan kelas. Respon peserta didik terhadap media pembelajaran berbasis aplikasi android menunjukkan respon yang positif pada kategori sangat baik

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran, M-Learning, Pemahaman, Fisika
Subjects: Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 06 Feb 2023 02:05
Last Modified: 06 Feb 2023 02:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55920

Actions (login required)

View Item View Item