IMPLEMENTASI PENILAIAN PPKn DI SMA NEGERI 1 BUMIAYU KABUPATEN BREBES


Amalia Rizqiani, 3301418012 (2022) IMPLEMENTASI PENILAIAN PPKn DI SMA NEGERI 1 BUMIAYU KABUPATEN BREBES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3301418012 - Amalia Rizqiani.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penilaian dapat digunakan untuk mengetahui keberhasilan pendidikan dalam mencapai tujuan. Kegiatan penilaian juga digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan dan perbaikan berkelanjutan serta meningkatkan mutu dalam proses pembelajaran. Akan tetapi, penilaian yang dilakukan guru selama ini masih belum dilaksanakan sesuai prosedur dan masih menggunakan cara penilaian yang masih tradisional. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui implementasi penilaian PPKn di SMA Negeri 1 Bumiayu Kabupaten Brebes, (2) mengetahui faktor pendorong dan penghambat implementasi penilaian PPKn di SMA Negeri 1 Bumiayu Kabupaten Brebes. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data diperoleh dari sumber data primer dan sumber data sekunder. Uji keabsahan dalam penelitian ini menggunakan triangulasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis tekstual. Hasil penelitian menunjukkan SMA Negeri 1 Bumiayu Penilaian PPKn disesuaikan dengan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Pelaksanaan penilaian pada ranah afektif oleh guru mata pelajaran PPKn di SMA Negeri 1 Bumiayu dilakukan dengan cara mengamati sikap siswa. Penilaian pada ranah kognitif yang dilakukan oleh guru PPKn di SMA Negeri 1 Bumiayu dengan cara tes tertulis dan penugasan. Pelaksanaan penilaian ranah psikomotorik oleh guru PPKn di SMA Negeri 1 Bumiayu dilakukan dalam bentuk portofolio atau kumpulan-kumpulan tugas. Faktor pendorong implementasi penilaian PPKn adalah pada fasilitas di SMA Negeri 1 Bumiayu yang sudah mendukung kegiatan penilaian. Faktor penghambat yang dialami antara lain: guru cukup kesulitan melaksanakan penilaian hasil belajar pada saat pandemi Covid-19, masih terdapat guru yang kurang menguasai IT, dan adanya siswa yang tidak mengikuti serangkaian penilaian. Saran, kepada guru PPKn dalam penilaian hasil belajar sebaiknya dapat melaksanakan tiga ranah penilaian yaitu afektif, kognitif, dan psikomotorik baik dalam pembelajaran tatap muka maupun pembelajaran jarak jauh.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Penilaian Hasil Belajar, PPKn
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: Sri Wahyuningsih
Date Deposited: 06 Feb 2023 04:37
Last Modified: 06 Feb 2023 04:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55919

Actions (login required)

View Item View Item