IMPLEMENTASI PENDEKATAN STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING AND MATHEMATICS) DENGAN MODEL PjBL (PROJECT BASED LEARNING) PADA SISWA SMA NEGERI 1 PETARUKAN


Khoiriyyah Ana Mulyaningrum, 4201418049 (2022) IMPLEMENTASI PENDEKATAN STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING AND MATHEMATICS) DENGAN MODEL PjBL (PROJECT BASED LEARNING) PADA SISWA SMA NEGERI 1 PETARUKAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201418049 - Khoiriyyah Ana Mulyaningrum.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan abad 21 dituntut aktif dan inovatif dalam pembelajaran agar siswa memiliki berbagai keterampilan abad 21, yaitu 4C (Critical thinking, Communication, Collaboration, dan Creativity). Kreativitas dalam berpikir dapat dikembangkan menggunakan pendekatan STEM dengan model Project Based Learning (PjBL). Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui implementasi pendekatan STEM dengan model PjBL pada siswa SMA Negeri 1 Petarukan, dan mengetahui kreativitas dalam berpikir siswa SMA Negeri 1 Petarukan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pre-experimental dengan desain one shot case study. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik purposive sampling berdasarkan pertimbangan guru pengajar. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas X MIPA 6 SMA Negeri 1 Petarukan. Data penelitian diperoleh dari angket, penilaian proyek, penilaian laporan proyek, dan observasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan deskriptif kuantitatif. Pada penelitian ini, pendekatan STEM diimplementasikan dalam proses pembelajaran fisika pada materi momentum dan impuls. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas siswa termasuk kategori tinggi dengan rata-rata keseluruhan sebesar 71% dimana persentase pada indikator fluency yaitu 73%, indikator flexibility sebesar 74%, indikator originality yaitu 58%, dan indikator elaboration sebesar 79%. Respon siswa setelah diberikan pembelajaran berpendekatan STEM dengan model PjBL termasuk ke dalam kategori baik dengan persentase sebesar 74%. Implementasi pendekatan STEM dengan model PjBL pada siswa SMA Negeri 1 Petarukan dapat mengembangkan kreativitas siswa dalam berpikir dengan menunjukkan kriteria tinggi

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kreativitas, pendekatan STEM, project based learning.
Subjects: Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 06 Feb 2023 01:53
Last Modified: 06 Feb 2023 01:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55915

Actions (login required)

View Item View Item