ANALISIS PENGGUNAAN ANALOGI DALAM BUKU FISIKA SMA POKOK BAHASAN HUKUM 1 NEWTON DI JEPARA


Sukmaningrum Widianti, 4201418042 (2022) ANALISIS PENGGUNAAN ANALOGI DALAM BUKU FISIKA SMA POKOK BAHASAN HUKUM 1 NEWTON DI JEPARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201418042 - Sukmaningrum Widianti.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Buku pelajaran merupakan media pembelajaran cetak yang sering digunakan oleh guru dalam kegiatan pembelajaran di sekolah. Analogi yang disajikan dalam buku pelajaran dapat dijadikan alternatif penjelasan materi melalui pengetahuan yang telah diketahui peserta didik sebelumnya. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu menampilkan profil penggunaan analogi pada buku fisika SMA pokok bahasan Hukum 1 Newton dan menabelkan jenis analogi pada buku fisika SMA pokok bahasan Hukum 1 Newton. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu 6 buku pelajaran fisika SMA kelas X dengan kriteria yang digunakan sebagai sumber utama pembelajaran dan digunakan di wilayah Jepara. Pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik pustaka (library research). Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis isi (content analysis). Berdasarkan analisis data, tidak ditemukan adanya analogi pada buku fisika kelas X SMA pokok bahasan Hukum 1 Newton di wilayah Jepara, sehingga jenis analogi yang bersangkutan tidak ditabelkan. Namun demikian, penulis mengusulkan 2 analogi untuk Hukum 1 Newton yaitu “Manusia cenderung untuk diam ketika tidur di tempat tidur kecuali memiliki kewajiban-kewajiban (kewajiban berangkat sekolah, kewajiban bekerja, dll) yang membuatnya bangun” dan “Badan-badan pemerintah tidak akan melakukan tindakan apapun kecuali didorong kuat oleh protes aktif dari masyarakat maupun organisasi di luar pemerintah”. Kedua analog tersebut memiliki hubungan analogis struktural, fungsional, dan struktural fungsional dengan target. Adapun untuk kategori format presentasi, kedua analogi tersebut dapat disajikan dalam bentuk verbal, pictorial, dan pictorial verbal. Selanjutnya untuk kategori kondisi konten, kedua analogi tersebut disajikan dalam bentuk konkret-abstrak dengan target. Kemudian untuk kategori posisi dalam teks, kedua analogi tersebut dapat disajikan dalam bentuk Advance Organizer, Embedded Activator, dan Post Synthesizer. Yang terakhir untuk kategori tingkat pengayaan, kedua analogi dapat disajikan dalam bentuk pengayaan sederhana, pengayaan diperkaya, dan pengayaan diperluas

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Analogi, Buku Pelajaran Fisika, Hukum 1 Newton
Subjects: Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 06 Feb 2023 01:50
Last Modified: 06 Feb 2023 01:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55914

Actions (login required)

View Item View Item