PENGEMBANGAN E-MODUL PRAKTIKUM BERBASIS INQUIRY PADA MATERI DIFRAKSI CAHAYA BERBANTUAN ANALISIS SOFTWARE TRACKER


Trizha Ayu Agustin, 4201418026 (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL PRAKTIKUM BERBASIS INQUIRY PADA MATERI DIFRAKSI CAHAYA BERBANTUAN ANALISIS SOFTWARE TRACKER. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201418026 - Trizha Ayu Agustin.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perlu adanya bahan ajar dengan pemanfaatan teknologi dan dapat membantu kemandirian peserta didik serta memungkinkan untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa e-modul praktikum berbasis inquiry pada materi difraksi cahaya berbantuan analisis software tracker. Penelitian yang dilakukan merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan yang digunakan adalah 4-D. Subyek penelitian ini adalah 22 mahasiswa jurusan fisika Universitas Negeri Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan metode angket dengan instrumen lembar angket. Analisis data yang digunakan adalah skala likert dengan perbandingan jumlah keseluruhan skor disetiap aspek dengan jumlah skor dengan kriteria penilaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul praktikum berbasis inquiry secara keseluruhan aspek mendapat penilaian dari dua validator mencapai 92,14% dengan kategori “Sangat Layak”, pada penilaian kelayakan aspek isi mencapai 93,75% dengan kategori “Sangat Layak”, pada penilaian kelayakan aspek kebahasaan mencapai 94,64% dengan kategori “Sangat Layak”, pada penilaian kelayakan aspek penyajian mencapai 89,77% dengan kategori “Sangat Layak”, pada penilaian kelayakan aspek kegrafikan mencapai 91,67% dengan kategori “Sangat Layak”. Sedangkan hasil penilaian dan tanggapan responden terhadap e�modul praktikum berbasis inquiry mencapai 89,24% dengan kategori “Sangat Baik”. Saran yang disampaikan berdasarkan penelitian ini antara lain: (1) Perlunya produk e-modul praktikum berbasis inquiry diuji coba kepada peserta didik,(2) Apabila hendak diuji cobakan ke peserta didik, sebaiknya peserta didik dibekali pengetahuan mengenai penggunaan software tracker,(3) Hendaknya ditambahkan variabel lain yang dikaji, misalnya mengkaji mengenai pengaruh produk terhadap hasil belajar peserta didik

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Difraksi Cahaya, E-Modul Praktikum, Inquiry, dan Software Tracker
Subjects: Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 06 Feb 2023 01:44
Last Modified: 06 Feb 2023 01:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55911

Actions (login required)

View Item View Item