ANALISIS PROFIL KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN KREATIVITAS CALON GURU FISIKA PADA PEMBELAJARAN GELOMBANG BERBASIS OPEN INQUIRY


Rizki Nurul Hayati, 4201418006 (2022) ANALISIS PROFIL KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN KREATIVITAS CALON GURU FISIKA PADA PEMBELAJARAN GELOMBANG BERBASIS OPEN INQUIRY. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201418006 - Rizki Nurul Hayati.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (19MB) | Request a copy

Abstract

Seiring perkembangan paradigma dunia pendidikan, saat ini dihadapkan pada tantangan yang semakin berat yaitu menghasilkan lulusan atau sumber daya manusia yang memiliki kompetensi yang utuh. Guru menjadi salah satu aspek yang mempengaruhi tujuan tersebut. Guru yang memiliki kompetensi utuh akan mewujudkan pembelajaran bermakna salah satunya adalah melalui kegiatan penyelidikan karena akan memberikan pengalaman secara langsung dalam memahami suatu konsep. Proses tersebut membutuhkan keterampilan ilmiah yang termuat dalam keterampilan proses sains. Namun hal ini belum cukup, kreativitas juga memberikan sumbangan signifikan. Indonesia menempati peringkat ke 115 dari 139 negara peserta di dunia dalam Global Creativity Index. Keterampilan tersebut dapat dioptimalkan melalui pembeajaran berbasis open inquiry. Hal ini menunjukkan perlu adanya pengukuran keterampilan proses sains dan kreativitas mahasiswa calon guru fisika untuk mengetahui sejauh mana penguasaan keterampilan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui capaian keterampilan proses sains dan kreativitas mahasiswa calon guru fisika pada pembelajaran gelombang berbasis open inquiry. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif menggunakan data berupa angka untuk mendekripsikan profil calon guru fisika, sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa kelas 2B di Universitas Negeri Semarang sebanyak 34 orang dengan teknik purposive sampling. Data penelitian diperoleh menggunakan lembar penilaian dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan proses sains pada pembelajaran gelombang berbasis open inquiry mahasiswa calon guru fisika di Universitas Negeri Semarang memperoleh persentase capaian sebesar 64% yang tergolong dalam kategori cukup. Berdasarkan hasil uji hipotesis satu sampel t-test menunjukkan bahwa melalui implemetasi pembelajaran berbasis open inquiry memberikan profil yang positif dalam setiap aspek keterampilan proses sains mahasiswa calon guru fisika di Universitas Negeri Semarang. Adapun pada kreativitas mahasiswa calon guru fisika memperoleh capaian 69% yang tergolong dalam kategori cukup. Berdasarkan hasil uji hipotesis satu sampel t-test diperoleh kesimpulan bahwa melalui implemetasi pembelajaran berbasis open inquiry memberikan profil yang positif dalam setiap aspek kreativitas mahasiswa calon guru fisika di Universitas Negeri Semarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan proses sains, kreativitas, open inquir
Subjects: Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 06 Feb 2023 01:30
Last Modified: 06 Feb 2023 01:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55906

Actions (login required)

View Item View Item