PERBEDAAN HASIL BELAJAR HIGHER ORDER THINKING SKILLS ANTARA SISWA YANG MENGGUNAKAN E-LEARNING “SMADA BERKIBAR” DENGAN TATAP MUKA PADA POKOK BAHASAN GELOMBANG BUNYI DI SMA NEGERI 2 PEKALONGAN


Irsyadianti Mehita Pursadi, 4201418003 (2022) PERBEDAAN HASIL BELAJAR HIGHER ORDER THINKING SKILLS ANTARA SISWA YANG MENGGUNAKAN E-LEARNING “SMADA BERKIBAR” DENGAN TATAP MUKA PADA POKOK BAHASAN GELOMBANG BUNYI DI SMA NEGERI 2 PEKALONGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201418003 - Irsyadianti Mehita Pursadi.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tentang perbedaan hasil belajar Higher Order Thinking Skills (HOTS) antara siswa yang menggunakan e-learning “SMADA BERKIBAR” dengan tatap muka pada pokok bahasan gelombang bunyi di SMA Negeri 2 Pekalongan. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest control group design yaitu penelitian eksperimen yang dilaksanakan terhadap dua kelompok kelas. Penelitian diawali dengan pemberian pretest untuk mengetahui kondisi awal sampel penelitian, dilanjutkan dengan pemberian perlakuan. Penerapan pembelajaran pada kelompok eksperimen menggunakan e-learning dan tanpa e-learning pada kelompok kontrol. Kemudian dilanjutkan dengan postest untuk mengetahui hasil akhir pembelajaran. Hasil pada uji-t posttest siswa dengan memperoleh nilai signifikansi independent t-test sebesar 0,246 atau lebih besar dari 0,05 yang artinya tidak terdapat perbedaan secara signifikan HOTS antara pembelajaran dengan e-learning “SMADA BERKIBAR” dan tatap muka. Berdasarkan nilai n�gain pada kelompok kontrol juga lebih baik dibandingkan kelompok eksperimen

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: e-learning, perbedaan, Higher Order Thinking Skills
Subjects: Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 06 Feb 2023 01:26
Last Modified: 06 Feb 2023 01:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55905

Actions (login required)

View Item View Item