PROSES PEMBELAJARAN PIANO 1 SECARA DARING DI PRODI PENDIDIKAN SENDRATASIK UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Febriansyah Wahyu Saputra, 2501417041 (2022) PROSES PEMBELAJARAN PIANO 1 SECARA DARING DI PRODI PENDIDIKAN SENDRATASIK UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 2501417041 - Febriansyah Wahyu Saputra.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran piano 1 merupakan mata kuliah praktek yang dilakukan secara daring karena pandemi. Alasan peneliti membahas tentang proses pembelajaran piano secara daring di Jurusan Sendratasik Universitas Negeri Semarang adalah karena pembelajaran piano secara daring adalah fenomena baru. Oleh sebab itu, permasalahan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses dan juga kendala dalam pembelajaran piano secara daring. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif studi kasus, yaitu suatu penelitian yang dilakukan untuk menyelidiki suatu fenomena secara empiris. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pembelajaran piano dilaksanakan secara virtual dengan memanfaatkan media pendukung Zoom Meeting, Whatsapp, Google Drive, dan Elena. Proses belajar mengajar dilakukan dengan tata cara: 1) Dosen membagikan link Zoom melalui WA dan Elena. 2) Dosen menyampaikan materi pembelajaran melalui Zoom dan membagikan video melalui Google Drive. 3) Mahasiswa mempelajari materi. 4) Dosen memberi tugas, lalu mahasiswa mengumpulkan tugas melalui Google drive. Kelebihan pembelajaran daring adalah tidak terbatas ruang dan waktu, materi dapat diulang-ulang. Sedangkan kekurangannya adalah: 1) Keterbatasan sinyal. 2) Konsentrasi tidak maksimal. 3) Mahasiswa sering menunda-nunda tugas. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran piano secara daring yang dilaksanakan di Sendratasik masih kurang efektif. Saran: Pembelajaran secara daring membuat mahasiswa dan dosen kesulitan dalam proses pembelajaran piano, namun mahasiswa perlu latihan mandiri dirumah, sehingga dosen perlu memberi motivasi lebih kepada mahasiswa agar mau berlatih mandiri

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran daring, pembelajaran piano, kendala pembelajaran
Subjects: L Education > Educational Institutions
M Music and Books on Music > M Music
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 03 Feb 2023 02:42
Last Modified: 03 Feb 2023 02:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55896

Actions (login required)

View Item View Item