PENGGUNAAN MEDIA KOMIK ONLINE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN SENI MUSIK DI SMAN 1 BREBES


Yogi Priyo Pamungkas, 2501416182 (2022) PENGGUNAAN MEDIA KOMIK ONLINE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN SENI MUSIK DI SMAN 1 BREBES. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 2501416182 - YOGI PRIYO PAMUNGKAS.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan proses pembelajaran seni musik dilakukan lebih dominan kepada aspek menghafalkan materi atau konsep musik dan masih satu arah dari guru, dimana proses pembelajaran masih berpusat pada guru (Teacher centered learning). Hal ini tentu saja membuat aktivitas belajar rendah yang menyebabkan motivasi dan hasil belajar rendah. Oleh karena itu diperlukan pengunaan media komik online untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa. Sehingga harapannya penelitian ini dapat bermanfaat untuk meningkatkkan hasil pembelajaran siswa serta dapat meningkatkan mutu pembeajjaran dan mengembangkan model pembelajaran yang akan digunakan pada proses pembelajaran berikutnya. Penelitian yang dilakukan termasuk penelitian kuantitatif eksperimen dengan pendekatan musikologi dan paedagogik. Desain penelitian adalah pre test post test control group design. Teknik analisis data yang dilakukan yakni analisis deskriptif persentase, uji normalitas dan uji t (t-test) dengan jumlah responden 32 untuk kelas eksperimen dan 31 untuk kelas kontrol. Instrument penelitian yang digunakan berupa test untuk mengukur hasil belajar dan non test berupa angket untuk mengukur motivasi belajar siswa. Prosedur analisis data dalam penelitian yang digunakan melalui empat tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data,penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar dan motivasi belajar. Pada kelas eksperimen di uji coba diberikan soal pre test guna untuk mengetahui tingkat hasil belajar sebelum di berikan komik online dan tingkat nilai rata-rata hasil belajar siswa sebelum diberi perlakuan berupa media komik online hanya sebesar 73,53 dan setelah mengetahui hasil tersebut diberilah materi berbentuk media komik online, dan setelah selesai memberikan materi proses selanjutnya siswa diberikan lagi sebuah soal post test guna untuk mengetahui tingkat hasil pembelajaran sebelum dan sesudah diberikan perlakuan menggunakan media komik online dan ternyata tingkat hasil belajar siswa mengalami sebuah peningkatan memiliki nilai rata-rata 84,00. Sedangkan untuk tingkat motivasi belajar sebelum perlakuan dengan media komik online berada pada rata-rata nilai 62,06 menjadi 83,56 setelah diberikan perlakuan dengan media komik online. hasil analisis data berupa uji t, menunjukkan nilai thitung = 32,00 dan ttabel = 2,042. Jadi, nilai thitung > ttabel. Dengan demikian, penggunaan media komik online dapat meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar siswa. Simpulan dari penelitian ini adalah penggunaan media komik online dapat berpengaruh terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa kelas X SMAN 1 Brebes dengan catatan materi yang diberikan berupa materi teori musik. Saran bagi guru adalah untuk melakukan inovasi dalam pembelajarandengan salah satunya menggunakan media komik online.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Komik Online, Motivasi, Hasil Belajar
Subjects: L Education > Educational Institutions
M Music and Books on Music > M Music
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 03 Feb 2023 02:30
Last Modified: 03 Feb 2023 02:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55895

Actions (login required)

View Item View Item