PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FISIKA BERBASIS LITERASI SAINS PADA MATERI FLUIDA DINAMIS KELAS XI SMA


Esti Andriani Utami, 4201417046 (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FISIKA BERBASIS LITERASI SAINS PADA MATERI FLUIDA DINAMIS KELAS XI SMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201417046 - Esti Andriani Utami.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

PISA adalah program yang diselenggarakan oleh organisasi bernama OECD yang bertujuan untuk menguji dan membandingkan prestasi anak-anak sekolah di seluruh dunia. Kemampuan literasi sains siswa di Indonesia berdasarkan hasil PISA 2018 tergolong masih rendah yaitu memperoleh skor sebesar 396 dengan rata-rata skor oleh OECD sebesar 489. Literasi sains khususnya pada mata pelajaran fisika masih rendah dikarenakan siswa belum terbiasa dengan soal literasi sains. Pemilihan bahan ajar menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi hasil literasi sains siswa. Bahan ajar yang digunakan pada SMA Negeri 1 Sampang Cilacap memuat empat aspek literasi sains yang belum seimbang yaitu sains sebagai batang tubuh ilmu pengetahuan sebesar 69,62 %, sains sebagai cara untuk menyelidiki sebesar 22,83 %, sains sebagai cara berpikir sebesar 7,55 %, dan interaksi antara sains, lingkungan, teknologi, dan masyarakat sebesar 0 %. Untuk bahan ajar yang dikembangkan memuat empat aspek yang seimbang yaitu aspek sains sebagai batang tubuh ilmu pengetahuan sebesar 41,306 %, aspek sains sebagai cara untuk menyelidiki sebesar 19,823 %, sains sebagai cara untuk berpikir seebsar 20,093 %, dan interaksi antara sains, lingkungan, teknologi, dan masyarakat sebesar 18,778 %. Kemampuan literasi sains siswa yang menggunakan bahan ajar berbasis literasi sains meningkat 0,375 dan kemampuan literasi sains siswa yang tidak menggunakan bahan ajar berbasis literasi sains meningkat 0,196. Disimpulkan bahwa bahan ajar fisika berbasis literasi sains materi fluida dinamis dapat meningkatkan kemampuan literasi sains siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar, Fisika, Literasi Sains, Fluida Dinamis
Subjects: L Education > Special Education
L Education > Special Education > Physical Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 02 Feb 2023 07:22
Last Modified: 02 Feb 2023 07:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55894

Actions (login required)

View Item View Item