EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN MEDIA INTERAKTIF TERHADAP PERUBAHAN MISKONSEPSI DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI GERAK MELINGKAR


Izal Nur Widagdo, 4201417019 (2022) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN MEDIA INTERAKTIF TERHADAP PERUBAHAN MISKONSEPSI DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI GERAK MELINGKAR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201417019 - Izal Nur Widagdo 45.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (17MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) menghasilkan LKPD dan Media Pembelajaran berbasis Problem Based Learning (PBL) yang layak terhadap perubahan Miskonsepsi dan peningkatan keterampilan Berpikir kritis peserta didik; (2) mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis masalah berbantuan media interaktif terhadap perubahan Miskonsepsi (3) mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis masalah berbantuan media interaktif terhadap perubahan keterampilan Berpikir kritis. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan desain ADDIE Models yang terdiri dari lima tahap, yakni Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 3 Demak. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian lembar validasi ke dosen dan guru fisika untuk menilai kelayakan produk serta angket peserta didik. Kelayakan produk LKPD berbasis problem based learning (PBL) dilihat dari skor validasi menggunakan analisis. Pemberian soal pretest dan posttest untuk mengetahui perubahan Miskonsepsi peserta didik. Observasi keterampilan Berpikir kritis peserta didik dilaksanakan menggunakan LKPD berbasis Problem Based Learning (PBL) dilakukan untuk mengetahui peningkatan keterampilan Berpikir kritis peserta didik. Perubahan Miskonsepsi dan keterampilan berpikir kritis peserta didik dianalisis menggunakan uji-t untuk mengetahui pengaruh. Peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik dianalisis menggunakan Normalized gain <

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Fisika Interaktif, Keterampilan Berpikir kritis, Miskonsepsi.
Subjects: L Education > Special Education > Physical Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 02 Feb 2023 07:14
Last Modified: 02 Feb 2023 07:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55893

Actions (login required)

View Item View Item