PENERAPAN LOGIKA FUZZY METODE TSUKAMOTO DALAM SISTEM REKOMENDASI KEPUTUSAN LANJUTAN TERHADAP RENCANA PEMBELIAN BARANG (Studi Kasus Belanja Online)


Arya Kresna Abiaska, 4112319017 (2022) PENERAPAN LOGIKA FUZZY METODE TSUKAMOTO DALAM SISTEM REKOMENDASI KEPUTUSAN LANJUTAN TERHADAP RENCANA PEMBELIAN BARANG (Studi Kasus Belanja Online). Diploma thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4112319017 - Arya Kresna Abiaska.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tugas Akhir ini dibuat dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan implementasi logika fuzzy metode Tsukamoto sebagai penghasil rekomendasi keputusan lanjutan terhadap rencana pembelian barang. Selanjutnya, dilakukan juga pengujian untuk mengetahui apakah sistem ini efektif dalam memberikan jawaban terhadap lanjutan keputusan pembelian yang telah dihasilkan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, didapatkan kesimpulan bahwa logika fuzzy metode Tsukamoto dapat diimplementasikan untuk memberikan rekomendasi keputusan lanjutan terhadap rencana pembelian barang melalui aplikasi berbasis web yang dirancang menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL. Penerapan ini masih belum dapat dikatakan efektif karena pada hasil rekomendasi keputusan yang dihasilkan persebarannya menumpuk pada keputusan “Ditunda Dulu”. Hal ini terjadi karena penetapan fungsi keanggotaan yang belum sesuai, sehingga hasil yang diperoleh pun belum sesuai dengan yang seharusnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Fuzzy logic, Tsukamoto, Rekomendasi Keputusan, Rencana Pembelian Barang, Aplikasi Web, PHP, MySQL
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistika Terapan dan Komputasi, D3
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 02 Feb 2023 07:06
Last Modified: 02 Feb 2023 07:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55891

Actions (login required)

View Item View Item