PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PERPUSTAKAAN LIMBAH PUSTAKA DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA DI DESA MUNTANG KABUPATEN PURBALINGGA


Rinik Rahayu, 3301417002 (2022) PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PERPUSTAKAAN LIMBAH PUSTAKA DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA DI DESA MUNTANG KABUPATEN PURBALINGGA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3301417002 - Rinik Rahayu.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Membaca merupakan hal utama dalam pendidikan. Adanya proses kegiatan membaca yang dilakukan menimbulkan rasa ingin tahu besar dari dalam diri seseorang. Dari situlah akan timbul minat untuk membaca. Namun, rendahnya minat baca masyarakat sudah sangat memperihatinkan. Rendahnya minat baca dikhawatirkan akan membuat minimnya wawasan masyarakat dan tidak berkembangnya kreatifitas. Oleh karena itu, Perpustakaan Limbah Pustaka yang dikelola oleh Raden Roro Hendarti memberikan layanan dalam rangka memenuhi kebutuhan yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan, informasi, pendidikan, dan rekreasi kepada masyarakat di Desa Muntang. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan pemberdayaan masyarakat melalui Perpustakaan Limbah Pustaka dan faktor pendukung serta penghambat dari diadakannya pemberdayaan dalam meningkatkan minat baca di Desa Muntang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Lokasi penelitian di Desa Muntang Kecamatan Kemangkon Kabupaten Purbalingga. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Terdapat dua sumber yaitu primer dan sekunder. Informan dalam penelitian ini Kepala perpustakaan, seksi layanan perpustakaan, relawan, dan beberapa masyarakat Desa Muntang. Uji keabsahan data menggunakan teknik tringulasi sumber. Data dianalisis melalui tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemberdayaan masyarakat yang dilaksanakan di Desa Muntang melalui Perpustakaan Limbah Pustaka. 1) Pemberdayaan masyarakat dilakukan dengan memberikan pembekalan pengetahuan dan keterampilan melalui kegiatan yang ada di Perpustakaan Limbah Pustaka; 2) Perpustakaan Limbah Pustaka dibentuk untuk memperdayakan anakanak Desa Muntang agar menjadi pusat kegiatan positif ; 3) Faktor pendukung pelaksanaan pemberdayaan masyarakat di Desa Muntang yaitu respon positif masyarakat, sarana dan prasarana yang memadai, kerjasama dari pihak eksteranal desa. Sedangkan, faktor penghambat pelaksanaan pemberdayaan masyarakat yaitu ketersediaan waktu, sumber daya manusia, dan pendanaan. Saran yang dapat diberikan bagi pemerintah Desa Muntang diharapakan bisa memberikan masukan program untuk menambah bahan bacaan. Sedangkan untuk pendiri Limbah Pustaka, perlu adanya penambahan pengurus karena dengan adanya penambahan jumlah pengelola Limbah pustaka diharapkan mampu memberikan keterampilan kepada masyarakat yang lebih bervariasi. Selain itu, partisipasi masyarakat Desa Muntang sangat penting dalam upaya perubahan agar relawan-relawan semakin banyak demi mewujudkan tujuan Limbah Pustaka dalam meningkatkan minat baca.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan masayarakat, Limbah Pustaka, Minat baca
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: Sri Wahyuningsih
Date Deposited: 02 Feb 2023 04:25
Last Modified: 02 Feb 2023 04:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55879

Actions (login required)

View Item View Item