BENTUK PERTUNJUKAN JARAN KEPANG TURONGGO JATI DESA WONOYOSO KECAMATAN PRINGAPUS KABUPATEN SEMARANG


AGUS TONI UTOMO, 2501415156 (2022) BENTUK PERTUNJUKAN JARAN KEPANG TURONGGO JATI DESA WONOYOSO KECAMATAN PRINGAPUS KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 2501415156 - Agus Toni Utomo.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Paguyuban jaran kepang Turonggo Jati merupakan kesenian tradisional yang terletak di Dusun Kawah Kidul, Desa Wonoyoso, Kecamatan Pringapus, Kabupaten Semarang. Kesenian ini diikuti oleh remaja sampai lanjut usia mereka secara inisiatif ikut berpatisipasi melestarikan kesenian warisan leluhur. Selain dikelola oleh masyarakat desa Wonoyoso khususnya Dusun Kawah, paguyuban Turonggo Jati terbilang eksis ditengah kemajuan zaman dan iklim music di Indonesia yang sudah berkembang pesat. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian di Rumah pengurus dan rumah anggota paguyuban Turonggo Jati di Dusun Kawah Kidul. Teknik pengumpulan data antara lain teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data, analisis data dalam penelitian ini deskriptif kualitatif, analisis dalam pernyataan dan analisis yang diungkapkan dengan deskripsi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Bentuk Pertunjukan Jaran Kepang Turonggo Jati dibagi menjadi dua yaitu Bentuk komposisi musik meliputi: 1) ritme; 2) melodi; 3) harmoni; 4) struktur bentuk analisa musik; 5) syair; 6) tempo, dinamik dan ekspresi; 7) instrument, dan; Selanjutnya, bentuk penyajian meliputi: 1) urutan penyajian; 2) tata panggung; 3) tata rias; 4) busana; 5) suara; 6) lampu; dan 7) formasi. Kesenian Jaran Kepang Turonggo Jati masih memakai aturan lama dalam segi komposisi maupun sajian. Berdasarkan analisis saran yang diberikan peneliti untuk meningkatkan mutu kualitas seni adalah: (1) Bentuk komposisi padan iringan musik gamelan Jaran Kepang Turonggo Jati lebih ditata sedemekian agar sajianya lebih menarik. (2) Bentuk Sajian pada pola dan gerakan pemain untuk lebih ditata agar bisa padu terhadap iringan musik gamelan

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bentuk Pertunjukan Jaran Kepang Turonggo Jati Desa Wonoyoso Kecamatan Pringapus Kabupaten Semarang.
Subjects: L Education > Educational Institutions
M Music and Books on Music > M Music
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 02 Feb 2023 03:16
Last Modified: 02 Feb 2023 03:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55872

Actions (login required)

View Item View Item