STRATEGI PEMASARAN BAND INDIE WAKIJO LAN SEDULUR DI ERA DIGITAL


Riza Eda Pratama, 2501415133 (2022) STRATEGI PEMASARAN BAND INDIE WAKIJO LAN SEDULUR DI ERA DIGITAL. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 2501415133 - Riza Eda Pratama.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Wakijo Lan Sedulur merupakan grup musik indie berasal dari Kota Semarang yang dibentuk pada tahun 2016. Wakijo Lan Sedulur tetap produktif dan berkembang dengan karya-karya musik yang dihasilkan dengan menjadikan media digital online sebagai sarana pemasarannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mendeskripsikan dan menganalisa bagaimana perencanaan, proses, serta hasil dari strategi pemasaran band indie Wakijo Lan Sedulur di era digital. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif studi kasus. Menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi serta teknik pemeriksaan keabsahan data diperiksa dengan metode triangulasi data. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi pemasaran band indie Wakijo Lan Sedulur untuk menjadikannya tetap eksis dan berkembang dengan karyanya di era digital, sangat terbantu dengan adanya media digital online dalam penyebaran berbagai informasi. Dalam perencanaan strategi pemasaran band indie Wakijo Lan Sedulur sangat berpengaruh dan jauh lebih tertata sebelum akhirnya melangkah ke proses pemasaran agar nantinya bisa efisien. Selanjutnya proses pemasaran menggunakan digital internet marketing yang memanfaatkan media online, konten marketing, serta mobile marketing sangat membantu dalam branding serta penyebaran karya-karya musiknya. Hasil dari strategi pemasaran band indie Wakijo Lan Sedulur dalam melakukan pemasaran karya musiknya mendapatkan feedback yang positif dan tertuju dengan maksimal. Saran yang dapat disampaikan oleh peneliti bagi grup band Wakijo Lan Sedulur agar tetap mempertahankan atau lebih mengembangkan produktifitas karya-karya serta strategi pemasarannya

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Karya Musik, Era Digital, Wakijo Lan Sedulur
Subjects: L Education > Educational Institutions
M Music and Books on Music > M Music
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 02 Feb 2023 02:21
Last Modified: 02 Feb 2023 02:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55867

Actions (login required)

View Item View Item