PROSES PEMBELAJARAN TARI UNTUK ANAK USIA REMAJA DI SANGGAR SEKAR TANJUNG KABUPATEN KENDA


Puspa Dwi Jayanti, 2501415104 (2022) PROSES PEMBELAJARAN TARI UNTUK ANAK USIA REMAJA DI SANGGAR SEKAR TANJUNG KABUPATEN KENDA. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 2501415104 - Puspa Dwi Jayanti.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Sanggar Tari Sekar Tanjung merupakan tempat untuk melakukan proses pembelajaran dan pelatihan tari tradisional dibawah pimpinan Surtikanti. Sanggar ini mengajarkan beberapa tari tradisional dan kreasi untuk anak-anak hingga remaja. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah proses pembelajaran Tari untuk remaja di Sanggar Sekar Tanjung. Penelitian bertujuan untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan menginterpretasikan proses pembelajaran Tari untuk remaja di Sanggar Sekar Tanjung. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu metode kualitatif dan memaparkan secara deskriptif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data yang digunakan berupa triangulasi teori, sumber dan teknik. Teknik analisis data yang digunakan berupa reduksi data, pen�yajian data, penarikan kesimpulan. Sanggar Tari Sekar Tanjung bertujuan melestarikan kebudayaan terutama di bidang seni tari agar tetap eksis dikalangan masyarakat dan menumbuhkan rasa cinta budaya bangsa. Kegiatan pembelajaran dibimbing oleh pimpinan sanggar dibantu dua orang guru. Kegiatan pembelajaran dilakukan setiap hari minggu pukul 09.00 sampai pukul 13.00 WIB, sedangkan pementasan rutin diadakan se�tiap satu semester sekali. Metode pembelajaran yang digunakan adalah metode demonstrasi . Guna mendukung kegiatan pembelajaran guru menggunakan alat dan media berupa sampur, laptop serta speaker. Evaluasi pembelajaran berbentuk deskripsi yang dilakukan setiap akhir pembelajaran tari. Pengembangan variasi mengajar yang dilakukan, yaitu variasi gaya mengajar, variasi suara, variasi gerakan anggota badan dan perpindahan posisi. Berdasarkan hasil penelitian, maka direkomendasikan untuk mengembangkan metode pembelajaran yang lebih bervariasi dan evaluasi pembelajaran dalam format catatan yang lebih rapi

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Sanggar, Sekar Tanjung
Subjects: L Education > Educational Institutions
N Fine Arts > NL Theater and Dance
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Tari)
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 02 Feb 2023 02:06
Last Modified: 02 Feb 2023 02:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55864

Actions (login required)

View Item View Item