“Pengaruh Budaya Organisasional dan Komitmen Organisasional pada Kinerja Melalui Kepuasan Kerja sebagai Variabel Mediasi (Studi Pada UMKM Serabi Ambarawa Kabupaten Semarang)”


Muhammad Rozaq Syaifuddin, 7311418242 (2022) “Pengaruh Budaya Organisasional dan Komitmen Organisasional pada Kinerja Melalui Kepuasan Kerja sebagai Variabel Mediasi (Studi Pada UMKM Serabi Ambarawa Kabupaten Semarang)”. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7311418242 - Muhammad Rozaq Syaifuddin.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kinerja karyawan didefiniskan sebagai karyawan yang memiliki kontribusi kerja berupa pengetahuan, keterampilan, kemampuan, sikap (behavior), yang diterapkan melalui usaha, bentuk-bentuk perilaku kerja yang terkait, dan menghasilkan sejumlah produk atau jasa dengan kualitas tertentu dalam jangka waktu tertentu. Banyak penelitian yang sudah membahas penyebab yang menurunkan kinerja. Hal ini ditunjukkan dengan studi pendahuluan yang telah dilakukan, dengan menghasilkan bahwa kinerja pada di UMKM masih kurang maksimal, sehingga dibutuhkan pengaruh yang dapat meningkatkan UMKM. Oleh karena itu peran UMKM, yaitu kepuasan kerja diduga memiliki peran pengaruh positif pada kinerja karyawan dengan dibuktikan berbagai penelitian yang tekah membahas peran hubungan positif. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti hubungan budaya organisasional dan komitmen organisasional terhadap kinerja yang dimediasi oleh kepuasan kerja. Populasi dalam penelitian ini adalah UMKM Serabi Ambarawa Semarang dengan jumlah 85 orang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan sistem sampling jenuh. Sampling jenuh adalah teknik pengumpulan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner secara offline yaitu dengan menyebarkan kertas. Analisis data yang digunakan menggunakan uji statistik deskriptif dengan pengolahan data Structural Equation Model (SEM) dan perangkat lunak yang digunakan dalam penelitian ini adalah SmartPLS 3.2.9. Hasil olahdata dengan SmartPLS menunjukkan bahwa pengaruh langsung pada variabel independen yaitu budaya organisasional pada kinerja memiliki pengaruh signifikan. Sedangkan variabel komitmen organisasional memiliki pengaruh tidak signifikan terhadap kinerja. Variabel pengaruh budaya organisasional dan komitmen organisasional pada kepuasan kerja memiliki pengaruh signifikan. Selain itu, kepuasan kerja pada kinerja juga signifikan. Selanjutnya, penelitian ini menemukan adanya pengaruh yang signifikan antara budaya organisasional dan komitmen organisasional pada kinerja yang dimediasi oleh kepuasan kerja. Saran penelitian di masa depan, peneliti diharapkan dapat meneliti kembali model penelitian ini dengan memperluas sampel, menambahkan atau mengganti variabel independen/bebas yang tidak signifikan dengan variabel bebas lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Budaya Organisasional, Komitmen Organisasional, Kepuasan Kerja, Kinerja, UMKM
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 01 Feb 2023 04:12
Last Modified: 01 Feb 2023 04:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55855

Actions (login required)

View Item View Item