PENGARUH VOLUME PERDAGANGAN SAHAM, HARGA SAHAM, DAN VOLATILITAS HARGA SAHAM TERHADAP BID-ASK SPREAD (Saham Sektor Healthcare di Bursa Efek Indonesia Saat Pandemi Covid-19 Periode Bulan Maret 2020-Desember 2021)


Wafir Falah Rusli, 7311418233 (2022) PENGARUH VOLUME PERDAGANGAN SAHAM, HARGA SAHAM, DAN VOLATILITAS HARGA SAHAM TERHADAP BID-ASK SPREAD (Saham Sektor Healthcare di Bursa Efek Indonesia Saat Pandemi Covid-19 Periode Bulan Maret 2020-Desember 2021). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7311418233  - Wafir Falah Rusli.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Transaksi pembelian dan penjualan saham antar pelaku pasar menimbulkan bid price dan ask price. Riset yang menganalisis hubungan volume perdagangan saham, harga saham, dan volatilitas harga saham terhadap bid-ask spread masih menunjukkan hasil yang inkonsisten, terutama pada konteks pasar modal di Indonesia. Karenanya, penelitian ini bertujuan untuk menambah bukti empiris pengaruh volume perdagangan saham, harga saham, dan volatilitas harga saham terhadap bid-ask spread. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif yang menggunakan alat analisis regresi linear berganda data panel dengan bantuan aplikasi Eviews 12. Populasi penelitian ini adalah emiten sektor healthcare pada Bursa Efek Indonesia dengan jumlah sampel yang diambil sesuai dengan kriteria sebanyak 17 emiten. Hasil pengujian menunjukkan bahwa volume perdagangan saham berpengaruh negatif dan signifikan terhadap bid-ask spread. Harga saham berpengaruh negatif dan signifikan terhadap bid-ask spread. Volatilitas harga saham berpengaruh positif dan signifikan terhadap bid-ask spread. Pengujian dalam penelitian ini sesuai dengan hipotesis yang diteliti sehingga hipotesis dalam penelitian ini diterima. Lebih lanjut, volume perdagangan saham, harga saham, dan volatilitas harga saham mempengaruhi bid-ask spread secara simultan. Implikasinya, volume perdagangan saham dan harga saham berpengaruh negatif dan signifikan terhadap bid-ask spread karena saham yang aktif diperdagangkan (likuid) akan menaikan volume perdagangan saham dan harga saham yang menyebabkan bid-ask spread menyempit atau kecil, sedangkan volatilitas harga saham berpengaruh positif dan signifikan terhadap bid-ask spread karena saham yang berfluktuasi naik dan turun yang tinggi (volatil) menyebabkan risiko investasi yang besar dan menyebabkan saham kurang aktif diperdagangkan (likuid) guna menghindari risiko investasi sehingga menyebabkan bid-ask spread melebar atau besar. Berdasarkan hasil penelitian, sebagai saran untuk penelitian selanjutnya adalah menambah variabel lain guna mengukur faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi bid-ask spread.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bid-ask spread, Volume Perdagangan Saham, Harga Saham, Volatilitas Harga Saham
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 01 Feb 2023 04:09
Last Modified: 01 Feb 2023 04:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55854

Actions (login required)

View Item View Item