PENGARUH PERSONALITY TRAITS TERHADAP KEPUTUSAN INVESTASI (Studi pada Investor Muda di Kota Semarang)


Amalia Tri Pursetiani, 7311418229 (2022) PENGARUH PERSONALITY TRAITS TERHADAP KEPUTUSAN INVESTASI (Studi pada Investor Muda di Kota Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7311418229 - Amalia Tri Pursetiani.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan investasi yaitu peningkatan nilai kekayaan dalam mengantisipasi ketidakpastian. Keputusan investasi dipengaruhi oleh beberapa faktor determinan diantaranya personality traits. Personality traits merupakan karakteristik kepribadian sebuah kombinasi dari karakteristik emosional, kognitif dan motivasi yang mempengaruhi cara individu menanggapi lingkungannya dan dalam membuat keputusan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh openness to experience, conscientiousness, extraversion, agreeableness dan neuroticism terhadap keputusan investasi dengan menggunakan objek penelitian investor muda yang ada di Kota Semarang. Data penelitian ini diperoleh secara langsung dari responden melalui kuesioner yang dibagikan secara online melalui google form oleh peneliti. Penentuan sampel penelitian menggunakan purposive sampling sebanyak 150 responden investor di Kota Semarang. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dimulai dari uji validitas instrumen, analisis deskriptif data, uji asumsi klasik dan uji t. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah software IBM SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa openness to experience berpengaruh positif terhadap keputusan investasi. Sedangkan conscientiousness, extraversion, agreeableness dan neuroticism tidak berpengaruh terhadap keputusan investasi di Kota Semarang. Simpulan dari penelitian ini adalah openness to experience berpengaruh positif terhadap keputusan investasi pada investor yang ada di Kota Semarang. Saran bagi investor keputusan investasi maupun trading saham tidak semata tindakan spekulasi melainkan melalui analisis mendalam secara rasional dengan mempertimbangkan analisis fundamental dan teknikal. Hal ini dilakukan agar investor dapat optimal dalam investasi meraih keuntungan dan tidak mengalami kerugian lebih banyak. Bagi peneliti selanjutnya, dapat menelusuri faktor lain seperti variabel loss averse, overconfidence, risk perception yang dapat mempengaruhi keputusan investasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Openness to experience, Conscientiousness, Extraversion, Agreeableness, Neuroticism, Keputusan Investasi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 01 Feb 2023 04:06
Last Modified: 01 Feb 2023 04:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55853

Actions (login required)

View Item View Item