PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE, LIKUIDITAS, DAN AKTIVITAS TERHADAP FINANCIAL DISTRESS (Studi pada Perusahaan Transportasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2020)


Felisitas Grace Talia, 7311418225 (2022) PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE, LIKUIDITAS, DAN AKTIVITAS TERHADAP FINANCIAL DISTRESS (Studi pada Perusahaan Transportasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2020). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7311418225 - Felisitas Grace Talia.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Sebagaimana perusahaan pada umumnya, perusahaan sub sektor transportasi harus menjaga kondisi keuangan perusahaan agar tidak mengalami kondisi financial distress atau tahap penurunan kondisi keuangan yang terjadi sebelum terjadinya kebangkrutan atau likuidasi. Financial distress adalah keadaan dimana perusahaan mengalami kinerja keuangan yang kurang baik yang ditandai dengan perusahaan mengalami kerugian minimal dua tahun berturut-turut. Financial distress terjadi sebelum perusahaan mengalami kebangkrutan. Financial distress dapat diukur melalui laporan keuangan dengan menganalisis rasio keuangan. Penelitian ini dilakukan untuk menguji dan menganalisis rasio keuangan dalam memprediksi financial distress. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif untuk menganalisis rasio keuangan yaitu ROA, DAR, CR dan TATO terhadap financial distress. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan transportasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2016-2020. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dan menghasilkan 21 unit analisis. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah software IBM SPSS statistic 25. Hasil penelitian menunjukan bahwa profitabilitas (ROA) dan aktivias (TATO) berpengaruh positif dan signifikan terhadap financial distress. Sedangkan leverage (DAR) dan likuiditas (CR) tidak berpengaruh terhadap financial distress. Kesimpulan pada hasil penelitian yaitu profitabilitas (ROA) dan aktivitas (TATO) berpengaruh positif dan signifikan terhadap financial distress. Sedangkan leverage (DAR) dan likuiditas (CR) tidak berpengaruh terhadap financial distres. Bagi perusahaan diharapkan terus berorientasi pada perjuangan memperoleh laba, serta mengefektifkan asetnya untuk menghasilkan penjualan guna menghindari terjadinya financial distress perusahaan. Saran bagi penelitian selanjutnya diharapkan mampu menambahkan jumlah sampel serta menambahkan objek penelitian.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Financial Distress, Profitabilitas, Leverage, Likuiditas, Aktivitas
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 01 Feb 2023 04:03
Last Modified: 01 Feb 2023 04:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55852

Actions (login required)

View Item View Item