ANALISIS BUKU TEKS PELAJARAN SENI BUDAYA (SENI MUSIK) KELAS VII SMP BERDASARKAN KURIKULUM 2013 : KESESUAIAN ANTARA KI-KD DAN MATERI AJAR


Erwin Aji Wilianto, 2501415063 (2022) ANALISIS BUKU TEKS PELAJARAN SENI BUDAYA (SENI MUSIK) KELAS VII SMP BERDASARKAN KURIKULUM 2013 : KESESUAIAN ANTARA KI-KD DAN MATERI AJAR. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 2501415063 - Erwin Aji Wilianto.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Kualitas Pendidikan di Indonesia masih memprihatinkan terbukti dengan peringkat Indonesia yang masih berada di bawah baik di asia maupun dunia . Kualitas pendidikan dipengaruhi oleh banyak hal salah satunya adalah buku teks. Buku teks seni budaya terbitan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan adalah buku teks banyak digunakan oleh sekolah-sekolah di kota Semarang dalam pembelajaran, buku tersebut seharusnya memiliki standar yang tinggi karena diterbitkan langsung oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Hal ini yang melatarbelakangi peneliti untuk melakukan penelitian pada buku ini. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui kesesuaian materi dengan KI dan KD pada kurikulum 2013. Pendekatan peneleitian ini menggunakan pendekatan kualitatifstudi dokumen teks. Lokasi penelitian ini berada di SMP NEGERI 13 Jl. Lamongan Raya, Sampangan, Kec. Gajahmungkur, Kota Semarang dan SMP NEGERI 22 Semarang Jl. Raya manyaran gunungpati Semarang . teknik pengumpulan data : teknik wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yaitu analisis dalam bentuk pernyataan dan deskripsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keseuaian KI dan KD dengan materi buku teks yaitu sebagai berikut : (1) jika lebih banyak ketidaksesuaian antara materi ajar dengan KI dan KD. Jadi kesimpulanya buku teks ini tidak sesuai dengan KI dan KD pada silabus kurikulum 2013. (2) Pada analisis ini dapat didimpulkan jika buku teks masih belum bisa disebut buku yang memiliki standar yang baik karena belum memenuhi prinsip�prinsip yang dikemukakan pada teori Greene & Petty. (3) Pada wawancara di SMP NEGERI 22 mengahsailkan kesimpulan yang berbeda antara guru dan siswa. Menurut guru buku teks sudah memenuhi stadar yang baik . sedangakan menurut dua orang siswa yang diwawancarai buku teks belum memenuhi standar yang baik karena belum memuat semua prinsip-prinsip buku teks baik menurut teori Greene & Petty. Pada wawancara di SMP NEGERI 13 menghasilkan kesimpulan yang sama dengan di SMP NEGERI 22. Menurut guru buku teks sudah memenuhi stadar yang baik . sedangakan menurut dua orang siswa yang diwawancarai buku teks belum memenuhi standar yang baik karena belum memuat semua prinsip-prinsip buku teks baik menurut teori Greene & Petty. Berdasarkan kesimpulan di atas peneliti menyarankan peneliti menyarankan: (1)Sebaiknya dalam penulisan buku teks untuk materinya agar diperdalam lagi jangan sampai ada materi yang kurang sehingga semua KI dan KD dapat tercapai. (2) Sebaiknya untuk praktik baik menyanyi maupun bermain alat musik jangan hanya terpaku pada lagu nasional dan lagu derah sesekali berikanlah contoh lagu pop atau yang sedang populer sehingga buku teks ini lebih menarik dan menyenangkan bagi siswa

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Analisis; Buku teks; Seni Budaya (Seni Musik) ; kurikulum 2013; keseuaian; KI; KD
Subjects: L Education > Educational Institutions
M Music and Books on Music > M Music
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 01 Feb 2023 04:07
Last Modified: 01 Feb 2023 04:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55851

Actions (login required)

View Item View Item