PENGARUH BIAS REPRESENTATIVENESS PADA KEPUTUSAN INVESTASI MELALUI BIAS OVERCONFIDENCE SEBAGAI VARIABEL MEDIASI DAN LITERASI KEUANGAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI


Faecha Emilia, 7311418195 (2022) PENGARUH BIAS REPRESENTATIVENESS PADA KEPUTUSAN INVESTASI MELALUI BIAS OVERCONFIDENCE SEBAGAI VARIABEL MEDIASI DAN LITERASI KEUANGAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7311418195 - Faecha Emilia.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Teori keuangan konvensional mengatakan bahwa investor bertindak rasional dalam mengambil keputusan investasi. Faktanya investor tidak selalu bertindak rasional, dibuktikan dengan angka indeks literasi keuangan yang masih rendah serta munculnya fenomena lupa diri dengan menggunakan dana yang tidak aman dalam berinvestasi. Kesalahan tersebut juga disebabkan adanya perilaku irasionalitas investor seperti bias representativeness dan bias overconfidence yang dapat menyebabkan investor membuat keputusan yang kurang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh bias representativeness pada keputusan investasi melalui peran mediasi bias overconfidence dan peran moderasi literasi keuangan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah investor mahasiswa di Kota Semarang yang tergabung dalam Forum Kelompok Studi Pasar Modal Kota Semarang (FKKS). Perhitungan sampel menggunakan rumus Lemeshow. Teknik sampling menggunakan purposive sampling dan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif dan Structural Equation Modeling (SEM) dengan alat analisis SmartPLS4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bias representativeness dan bias overconfidence berpengaruh positif signifikan pada keputusan investasi, bias representativeness berpengaruh positif signifikan pada bias overconfidence, bias overconfidence mampu memediasi pengaruh bias representativeness pada keputusan investasi. Sedangkan literasi keuangan tidak dapat memoderasi pegaruh bias overconfidence pada keputusan investasi. Saran bagi peneliti selanjutnya untuk melakukan penelitian dengan menggunakan model yang serupa atau dengan modifikasi variabel, objek maupun lokasi penelitian sehingga dapat melengkapi research gap. Sedangkan bagi investor mahasiswa diharapkan dapat menambah literasi keuangan khususnya mengenai investasi dengan membaca dari berbagai sumber serta lebih mempertimbangkan keputusan yang akan dibuat atau dapat mencari penasehat investasi yang sudah berpengalaman dan bersertifikasi agar keputusan investasi yang diambil lebih optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keputusan Investasi, Representativeness, Overconfidence, Literasi Keuangan, Behavioral Finance
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 01 Feb 2023 04:00
Last Modified: 01 Feb 2023 04:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55850

Actions (login required)

View Item View Item