PENGARUH KUALITAS KEHIDUPAN KERJA PADA KINERJA DENGAN PEMBERDAYAAN PSIKOLOGIS DAN KOMITMEN ORGANISASIONAL SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi pada Perawat Rumah Sakit Roemani Muhammadiyah Semarang)


Nun Aini Agustiana Nugroho Putri, 7311418158 (2022) PENGARUH KUALITAS KEHIDUPAN KERJA PADA KINERJA DENGAN PEMBERDAYAAN PSIKOLOGIS DAN KOMITMEN ORGANISASIONAL SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi pada Perawat Rumah Sakit Roemani Muhammadiyah Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7311418158_Nun Aini Agustiana Nugroho Putri - Nun Aini.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kinerja dijelaskan sebagai hasil kerja yang dicapai oleh seorang karyawan dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan kepadanya. Faktor yang dapat mempengaruhi peningkatan kinerja seperti kualitas kehidupan kerja, pemberdayaan psikologis, dan komitmen organisasional. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh langsung kualitas kehidupan kerja pada kinerja serta pengaruh tidak langsung dengan pemberdayaan psikologis dan komitmen organisasional sebagai mediasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu Perawat Rumah Sakit Roemani Muhammadiyah Semarang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu simple random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 155 perawat. Metode analisis menggunakan uji statistic deskriptif dengan menggunakan perangkat lunak SmartPLS versi 4.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberdayaan psikologis dapat memediasi hubungan antara kualitas kehidupan kerja pada kinerja. Komitmen organisasional tidak dapat memediasi hubungan antara kualitas kehidupan kerja pada kinerja. Kualitas kehidupan kerja dan pemberdayaan psikologis berpengaruh signifikan pada kinerja, namun komitmen organisasional memiliki pengaruh tidak signifikan pada kinerja. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat menggunakan variabel spiritualitas di tempat kerja dan kepuasan kerja sebagai variabel mediasi dan melakukan penelitian pada objek yang berbeda seperti karyawan industri manufaktur, retail, telekomunikasi, perbankan, dan asuransi. Saran bagi manajemen rumah sakit untuk meningkatkan kinerja perawat dengan cara mengadakan pelatihan dan simulasi kerja secara berkala.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Kehidupan Kerja, Kinerja, Pemberdayaan Psikologis, Komitmen Organisasional
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: UNSPECIFIED
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 01 Feb 2023 03:50
Last Modified: 01 Feb 2023 03:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55848

Actions (login required)

View Item View Item