PENGARUH MOTIVASI KERJA, EFIKASI DIRI DAN LINGKUNGAN KERJA PADA KINERJA (Studi pada Karyawan di Puskesmas Todanan Kabupaten Blora)


Hani Putri Indah Permatasari, 7311418143 (2022) PENGARUH MOTIVASI KERJA, EFIKASI DIRI DAN LINGKUNGAN KERJA PADA KINERJA (Studi pada Karyawan di Puskesmas Todanan Kabupaten Blora). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7311418143 - Hani Putri Indah Permatasari.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kinerja karyawan menjadi topik menarik karena kinerja dijadikan fokus utama bagi suatu perusahaan sebagai tolak ukur dalam menentukan keberhasilan. SKP kinerja karyawan di puskesmas todanan selama 2 tahun masih dibawah target yang seharusnya mengalami peningkatan pada kategori nilai 90-120 dengan sebaran sebesar 100% dan pergerakan absensi cuti kerja yang cukup tinggi pada tahun 2021 serta hasil studi pendahuluan bahwa kinerja karyawan belum maksimal. Terdapat ketidakkonsistensi hubungan antar variabel pada penelitian. Kinerja sebagai konstruksi penting bagi perusahaan sehingga pemahaman mengenai berbagai faktor yang mempengaruhi kinerja karyawan sangat penting untuk diperhatikan diantaranya motivasi kerja, efikasi diri, dan lingkungan kerja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh motivasi kerja, efikasi diri, dan lingkungan kerja pada kinerja karyawan di Puskesmas Todanan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan di Puskesmas Todanan dengan jumlah sampel 109 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh dengan teknik pengumpulan data menggunakan penyebaran kuesioner kepada responden. Analisis data pada penelitian ini menggunakan Smartpls versi 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, maka peningkatan motivasi yang dialami oleh setiap karyawan dapat meningkatkan kinerja, begitupun sebaliknya. Efikasi diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, berarti karyawan dengan efikasi diri yang baik akan mempengaruhi kinerja selama bekerja. Lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, oleh karena itu diperlukan lingkungan kerja yang baik dan nyaman bagi karyawan untuk mencapai kinerja yang optimal. Simpulan dari penelitian ini untuk meningkatkan kinerja karyawan di Puskesmas Todanan dapat dilakukan dengan cara meningkatkan motivasi kerja, efikasi diri, dan lingkungan kerja yang baik. Saran bagi pihak Puskesmas Todanan peningkatan motivasi ekstrinsik memberikan bonus dan promosi jabatan, pelatihan soft skill seperti critical thinking, diskusi mingguan, senam sehat mingguan dan pelatihan kompetensi profesi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Kerja, Efikasi Diri, Lingkungan Kerja, Kinerja Karyawan
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 01 Feb 2023 03:47
Last Modified: 01 Feb 2023 03:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55847

Actions (login required)

View Item View Item