PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN PENGGUNAAN, PERSEPSI KEBERMANFAATAN, MOTIVASI OTONOM, DAN MOTIVASI TERKENDALI PADA PERILAKU RAMAH LINGKUNGAN MAHASISWA UNNES


Erni Purniasih, 7311418114 (2022) PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN PENGGUNAAN, PERSEPSI KEBERMANFAATAN, MOTIVASI OTONOM, DAN MOTIVASI TERKENDALI PADA PERILAKU RAMAH LINGKUNGAN MAHASISWA UNNES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7311418114 - Erni Purniasih.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Perilaku karyawan dipandang sebagai kunci penerapan praktik manajemen berbasis ramah lingkungan yang efektif pada sebuah organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh persepsi kemudahan penggunaan, persepsi kebermanfaatan, motivasi otonom, dan motivasi terkendali pada perilaku ramah lingkungan. Desain penelitian ini adalah asosiatif kausal dengan pendekatan kuantitatif melalui metode Partial Least Square (PLS) untuk menguji pengaruh variabel independen pada variabel dependen. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 99 mahasiswa tahun angkatan 2018 dan 2019 dari delapan fakultas di Universitas Negeri Semarang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi kemudahan penggunaan berpengaruh signifikan pada perilaku ramah lingkungan mahasiswa UNNES, sedangkan persepsi kebermanfaatan tidak berpengaruh signifikan pada perilaku ramah lingkungan mahasiswa UNNES. Motivasi otonom berpengaruh signifikan pada perilaku ramah lingkungan mahasiswa UNNES, sedangkan motivasi terkendali tidak berpengaruh signifikan pada perilaku ramah lingkungan mahasiswa UNNES. Simpulan yang dapat ditarik dari hasil penelitian ini adalah perilaku ramah lingkungan mahasiswa UNNES dapat dipengaruhi secara signifikan oleh persepsi kemudahan penggunaan dan motivasi otonom. Persepsi kebermanfaatan dan motivasi terkendali belum mampu untuk mempengaruhi perilaku ramah lingkungan. Penelitian selanjutnya dapat meneliti variabel lain yang memprediksi perilaku ramah lingkungan, sehingga menambah literatur tentang faktor determinan dalam meningkatkan perilaku ramah lingkungan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Persepsi kemudahan penggunaan, Persepsi kebermanfaatan, Motivasi Otonom, Motivasi Terkendali.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 01 Feb 2023 03:18
Last Modified: 01 Feb 2023 03:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55842

Actions (login required)

View Item View Item