Pengaruh E-WOM dan Social Media Marketing Pada Keputusan Pembelian Produk Dengan Merek Scarlett Whitening Melalui Brand Image Sebagai Variabel Mediasi (Studi Pada Konsumen Produk Dengan Merek Scarlett Whitening di Kota Semarang)


Hapsari Dian Utami, 7311418088 (2022) Pengaruh E-WOM dan Social Media Marketing Pada Keputusan Pembelian Produk Dengan Merek Scarlett Whitening Melalui Brand Image Sebagai Variabel Mediasi (Studi Pada Konsumen Produk Dengan Merek Scarlett Whitening di Kota Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7311418088 - Hapsari Dian Utami.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Angka penjualan Scarlett Whitening belum bisa mengungguli pesaingnya yaitu MS Glow dan masih berada pada peringkat kedua sebagai brand skincare lokal terlaris di e-commerce berdasarkan hasil survei dari Compas pada tahun 2021. Hal ini tidak berbanding lurus dengan berbagai upaya yang telah dilakukan oleh perusahaan untuk meningkatkan angka penjualannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh electronic word of mouth, social media marketing dan brand image terhadap keputusan pembelian produk Scarlett Whitening. Untuk menguji pengaruh electronic word of mouth dan social media marketing melalui brand image sebagai variabel mediasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan sumber data primer. Populasi dalam penelitian ini merupakan seluruh konsumen produk Scarlett Whitening di Kota Semarang, dengan penentuan jumlah sampel menggunakan rumus iterasi. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik Nonprobability Sampling melalui Purposive Sampling. Metode pengumpulan data berupa kuesioner yang dibagikan secara online kepada 150 responden. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif dan pendekatan Structural Equation Model (SEM) berbasis Partial Least Square (PLS) pada program SmartPLS 3.0. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa electronic word of mouth, social media marketing, brand image dan keputusan pembelian berada dalam kategori tinggi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa electronic word of mouth, social media marketing dan brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Selain itu electronic word of mouth dan social media marketing berpengaruh terhadap keputusan pembelian melalui brand image. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu bahwa electronic word of mouth, social media marketing dan brand image memiliki pengaruh langsung positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Brand image dapat memediasi hubungan antara electronic word of mouth dan social media marketing terhadap keputusan pembelian. Saran yang diberikan yaitu memperhatikan penerapan electronic word of mouth dan memperbaiki bentuk interaksi dengan konsumen.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: E-WOM, Social Media Marketing, Keputusan Pembelian, Brand Image
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 01 Feb 2023 03:04
Last Modified: 01 Feb 2023 03:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55838

Actions (login required)

View Item View Item