PENGARUH FAKTOR INTERNAL DAN EKSTERNAL PERUSAHAAN TERHADAP RETURN SAHAM (Studi Kasus Perusahaan Sektor Manufaktur Subsektor Barang Konsumsi yang Terdaftar di BEI Periode 2017-2021)


Lena Frentikasari, 7311418085 (2022) PENGARUH FAKTOR INTERNAL DAN EKSTERNAL PERUSAHAAN TERHADAP RETURN SAHAM (Studi Kasus Perusahaan Sektor Manufaktur Subsektor Barang Konsumsi yang Terdaftar di BEI Periode 2017-2021). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7311418085  - Lena Frentikasari.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Return saham dapat dipengaruhi oleh beebrapa faktor baik internal maupun eksternal perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan bukti empiris pengaruh likuiditas, profitibilitas, aktivitas, leverage, firm size, interest rate, exchange rate, dan inflasi terhadap return saham perusahaan sektor Manufaktur subsektor Barang Konsumsi yang terdaftar di BEI Periode 2017-2021. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan objek penelitian sektor manufaktur subsektor barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2017-2021. Teknik pengambilan sampel yautu menggunakan metode purposive sampling. Sampel dalam penelitian berjumlah 32 perusahaan dengan periode lima tahun sehingga jumlah observasi diperoleh 160 data. Sumber data yang digunakan yaitu data sekunder yang berasal dari website resmi Bursa Efek Indonesia, Bank Indonesia dan Badan Pusat Statistik. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi data panel serta analisis yang digunakan berupa software eviews 10. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor kinerja keuangan berupa variabel likuiditas dan aktivitas memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap return saham. Faktor kinerja keuangan lainnya yaitu variabel profitabilitas dan leverage tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap return saham. Variabel firm size, exchange rate dan inflasi juga tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap return saham. Variabel interest rate memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap return saham. Penelitian ini memiliki keterbatasan yaitu terdapat beberapa perusahaan yang tidak mempublikasikann laporan tahunan selama periode waktu penelitian sehingga tidak dapat dijadikan sampel penelitian dan memiliki nilai Adjusted r-Square rendah senilai 15.7%. Saran untuk penelitian selanjutnya dapat memperluas objek penelitian selain pada perusahaan subsektor barang konsumsi dan penelitian dapat menggunakan faktor lain yang dapat mempengaruhi return saham.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Return Saham, Kinerja Keuangan, Firm Size, Interest Rate, Exchange Rate, Inflasi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 01 Feb 2023 03:00
Last Modified: 01 Feb 2023 03:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55837

Actions (login required)

View Item View Item