PENGARUH MEDIA SOSIAL, DESAIN PRODUK, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI CITRA MEREK (Studi pada konsumen CV Demank Clothing di Kabupaten Indramayu)


Lupika Rahmawati, 7311418017 (2022) PENGARUH MEDIA SOSIAL, DESAIN PRODUK, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI CITRA MEREK (Studi pada konsumen CV Demank Clothing di Kabupaten Indramayu). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7311418017 - Lupika Rahmawati.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Digitalisasi yang sedang berlangsung mempengaruhi negara berkembang dalam menggunakan media digital untuk mendorong semua peluang yang ada pada pasar global. Oleh karena itu, aktivitas manusia mulai berubah dan hampir seluruh aktivitas manusia dilakukan secara online, termasuk dalam proses pemasaran produk, hal ini menunjukkan bahwa digitalisiasi memiliki pengaruh di bidang industri fashion. Untuk itu, penting bagi perusahaan untuk mengetahui keinginan dari konsumen yang akan menentukan keputusan pembelian. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian yang meliputi media sosial, desain produk, kualitas produk, dan citra merek Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh media sosial, desain produk, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian melalui citra merek pada konsumen Demank Clothing di Kabupaten Indramayu. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu seluruh konsumen produk Demank Clothing di Kabupaten Indramayu yang tidak diketahui jumlahnya. Sampel yang digunakan sebanyak 100 responden menggunakan teknik purpose sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan kuesioner. Analisis data yang dipakai adalah analisis regresi menggunakan software Smartpls 3.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media sosial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan desain produk tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, diikuti dengan kualitas produk yang juga tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan hasil dari spesific inderect effect, mengkonfirmasi bahwa citra merek tidak mampu memediasi pengaruh media sosial terhadap keputusan pembelian, namun citra merek mampu memediasi pengaruh desain produk terhadap keputusan pembelian, kemudian citra merek tidak mampu mempengaruhi kualitas produk terhadap keputusan pembelian. Simpulan dari penelitian ini, media sosial dan citra merek mampu mempengaruhi keputusan pembelian. Citra merek mampu memediasi desain produk terhadap keputusan pembelian. Kemudian desain produk dan kualitas produk tidak mampu mempengaruhi keputusan pembelian dan citra merek tidak mampu memediasi pengaruh desain produk dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian. oleh karena itu, Demank Clothing diharapkan dapat meningkatkan dengan konsumen melalui media sosial yang dikelola, desain yang ditawarkan, kualitas yang dapat dibuktikan, dan citra merek yang dikelola dengan baik. Oleh karena itu, peneliti dapat memperluas ruang lingkup dan mempertimbangkan beberapa variabel lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Sosial, Desain Produk, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian, Citra Merek
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 01 Feb 2023 02:51
Last Modified: 01 Feb 2023 02:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55835

Actions (login required)

View Item View Item